Rabu 03 Aug 2022 18:59 WIB

Astronom Gambarkan Jaring Kelahiran Bintang dari Nebula Tarantula Kosmik

Berkat 30 Doradus, dapat dipelajari bagaimana bintang terbentuk 10 miliar tahun lalu.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Friska Yolandha
NASA membagikan pemandangan baru Nebula Tarantula. Gambar ini tampak seperti ombak di lautan melalui galaksi pendamping Bima Sakti, Awan Magellan Besar.
Foto:

Mengamati Nebula Tarantula jaring demi jaring

Melapisi data yang dikumpulkan oleh ALMA dan gambar inframerah Nebula Tarantula yang menunjukkan bintang terang dan gas panas bercahaya dari Very Large Telescope for Astronomy (VISTA) menciptakan gambar komposit yang menunjukkan luasnya awan gas dan bentuknya yang seperti jaring.

Sementara temuan tim memberikan indikasi bagaimana gravitasi mempengaruhi daerah pembentuk bintang, penelitian ini masih dalam proses. “Masih banyak yang harus dilakukan dengan kumpulan data yang fantastis ini, dan kami merilisnya secara terbuka untuk mendorong peneliti lain untuk melakukan penyelidikan baru,” Wong menyimpulkan.

Studi di masa depan juga akan fokus pada perbedaan antara Bima Sakti dan Nebula Tarantula termasuk tingkat pembentukan bintang — sementara galaksi kita terus membentuk bintang, Nebula Tarantula melakukannya dalam siklus “boom and bust”. Penelitian tentang Nebula Tarantula dipresentasikan pada pertemuan ke-240 American Astronomical Society (AAS) di Pasadena, California, pada 15 Juni. Temuan ini juga dipresentasikan dalam makalah di The Astrophysical Journal.