Selasa 02 Aug 2022 04:43 WIB

Fosil 183 Tahun Dunia Laut Jurassic Ditemukan di Ladang Petani Inggris

Fosil berusia sekitar 183 juta tahun ditemukan di bawah ladang.

Rep: mgrol136/ Red: Dwi Murdaningsih
Fosil berusia sekitar 183 juta tahun ditemukan di bawah ladang petani di Inggris.
Foto: university of manchester

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Di ladang petani Gloucestershire, para arkeolog membuat penemuan prasejarah luar biasa. Penemuan ini mencakup sisa-sisa hewan dari laut tropis. Fosil berusia sekitar 183 juta tahun ditemukan di bawah ladang yang pernah dipakai untuk menggembalakan sapi.

Dilansir dari Phys, keadaan fosil tersebut sangat terpelihara dengan baik. Fosil ini tampaknya telah membeku dalam waktu yang cukup lama.

Sisa-sisa ikan, reptil laut purba, cumi-cumi, serangga langka, dan banyak lagi telah ditemukan untuk pertama kalinya dalam beton tiga dimensi yang diawetkan oleh tim ahli paleontologi. Fosil-fosil tersebut berasal dari formasi batuan pedalaman yang terakhir ditemukan di Inggris.

Sally dan Neville Hollingworth, kolektor fosil yang baru-baru ini menggali sisa-sisa mamut di Taman Air Cotswold terdekat yang ditampilkan dalam film dokumenter BBC One Attenborough and the Mammoth Graveyard pada tahun 2021, menemukan situs yang baru ditemukan di Court Farm, Kings Stanley dekat Stroud, Gloucestershire.

Sally dan Neville menjelaskan bahwa fosil-fosil ini berasal dari periode Toarcian pada Jurassic Awal. Sejumlah besar fosil sisa-sisa vertebrata laut telah ditemukan di lapisan tanah liat yang tersingkap di lokasi dekat Stroud ini.

Ahli paleontologi dan Ilmuwan Tamu di The University of Manchester, Dean Lomax menambahkan bahwa sejumlah besar fosil spesies purba yang diawetkan secara sempurna yang sebelumnya hidup di laut Jurassic yang menutupi wilayah Inggris ini.

"Situs ini benar-benar luar biasa pada periode Jurassic.”

Temuan fosil semacam ini jarang terjadi di Inggris. Fosil-fosil dikumpulkan tidak diragukan lagi akan menjadi dasar bagi upaya studi di masa depan.

Museum lokal di Taman di Stroud akan mendapatkan sebagian besar fosil yang diperoleh. Spesimen ini akan memainkan peran penting dalam koleksi paleontologi museum.

Beberapa fosil ikan dengan detail luar biasa dari sisik, sirip, dan bahkan bola matanya termasuk di antara penemuan teratas. Salah satu penemuan yang paling menakjubkan adalah kepala ikan tiga dimensi yang diawetkan dari genus Pachycormus dari ikan Jurassic.

Ikan itu tampaknya "melompat dari batu" tempat ia dikurung. Steven Dey dari ThinkSee3D telah menghasilkan replika 3D digital dari fosil ini.

Tim akan terus memeriksa sampel dan menyebarluaskan studi mereka, dengan rencana untuk memamerkan fosil di Museum di Taman di Stroud dan Boho Bakery Café di Court Farm di Kings Stanley, Gloucestershire.