Rabu 13 Jul 2022 19:43 WIB

Analisis Spektrum James Webb Temukan Uap Air di Atmosfer Planet Raksasa

James Webb mengamati spektruk eksoplanet WASP-96b.

Rep: mgrol136/ Red: Dwi Murdaningsih
Analisis spektrum eksoplanet raksasa WASP 96b.
Foto: NASA, ESA, CSA, dan STScI
Analisis spektrum eksoplanet raksasa WASP 96b.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tim ilmuwan yang mengelola teleskop James Webb merilis empat foto dan satu gambar spektrum. Analisis spektrum mewakili beberapa ilmu yang paling menakjubkan.

Bagan panjang gelombang cahaya yang berbeda yang dipancarkan dari suatu objek. Spektrum ini menampilkan uap air di atmosfer raksasa gas yang berjarak 1.100 tahun cahaya dari bintang. Objek tersebut yakni exoplanet WASP-96b.

Meskipun kira-kira seukuran Jupiter, exoplanet WASP-96b hanya memiliki sekitar setengah massa Jupiter. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa planet yang jauh ini mengorbit bintang induknya begitu dekat sehingga panas dari bintang tersebut sebenarnya telah memperluas selubung gas planet ini, membuatnya menyerupai kernel popcorn yang kemungkinan besar tidak dapat dimakan seukuran planet.

Jumlah atmosfer planet ekstrasurya yang sama membutuhkan lebih banyak ruang karena molekul dalam gas memiliki kecenderungan untuk semakin jauh satu sama lain ketika dipanaskan. WASP-96b mengorbit bintangnya hanya dalam 3,4 hari dan sepuluh kali lebih jauh dari Merkurius dari Matahari.

Karena Webb tidak dapat mengamati planet ekstrasurya secara langsung, para ilmuwan memantau WASP-96 dan mengukur bagaimana cahaya bintang berubah saat planet ekstrasurya (WASP-96b) melintas di depan Bumi.

"Ketika planet dan atmosfernya lewat di depan bintang, cahaya bintang menyaring atmosfer," kata astrofisikawan NASA Knicole Colon.

"Anda dapat memecahnya menjadi panjang gelombang cahaya, dan Anda mendapatkan banyak hal yang tampak seperti gundukan dan goyangan bagi sebagian orang, tetapi sebenarnya penuh dengan konten informasi," katanya.

Pada tahun 2018, WASP-96b diamati oleh teleskop terestrial menggunakan teknik transit yang sama, tetapi dalam cahaya tampak. Teleskop ini menemukan jejak natrium di atmosfer bawah raksasa gas.

Spektrometer Inframerah Dekat Webb mengamati planet ekstrasurya dalam inframerah dan menemukan "sidik jari kimia" uap air di atmosfer WASP-96b. Selain itu, Webb menemukan sesuatu yang menantang praduga kami tentang WASP-96b.

“Hal lain yang bisa kami katakan sebenarnya, adalah ada bukti awan dan kabut,” kata Colon.

“Fitur airnya tidak sebesar yang kami perkirakan. Jadi kita bisa mengambilnya dan menyimpulkan keberadaan awan dan kabut,” katanya.

Para astronom sampai pada kesimpulan pada tahun 2018 bahwa atmosfer planet harus tetap bersih untuk mencegah awan menghalangi cahaya natrium yang datang dari lapisan lebih dalam raksasa gas itu. Namun, WASP-96b sebenarnya adalah dunia berkabut berdasarkan temuan Webb.