Sabtu 09 Jul 2022 22:26 WIB

19 Tahun Lalu, NASA Kirimkan Penjelajah Opportunity ke Mars

Opportunity diluncurkan 7 Juli 2003 dan bertahan selama 15 tahun.

Rep: mgrol136/ Red: Dwi Murdaningsih
NASA mengirimkan kendaraan kedua bernama Opportunity, untuk mengeksplorasi Mars dan mencari tanda-tanda adanya air, pada 25 Januari 2004.
Foto:

Pada 12 Februari 2019, insinyur luar angkasa melakukan upaya terakhir mereka untuk menghidupkan kembali Opportunity. Pada saat itu, dapat dipahami bahwa upaya komunikasi terakhir itu akan gagal.

John Callas, manajer proyek, berbicara pada pertemuan personel NASA yang hadir untuk transmisi terakhir: “Hari ini sulit. Masih sangat sulit dan sedih untuk mengucapkan selamat tinggal meskipun itu mesin, tetapi kami harus melakukannya. Kami mencapai keputusan itu.”

Opportunity, penjelajah kecil dengan potensi besar

Untuk memindahkan rover dari satu lokasi geologis di Mars ke lokasi berikutnya, tim insinyur misi, pengemudi rover, dan ilmuwan di Bumi bekerja sama sejak Opportunity mendarat.  Penjelajah Mars seberat 174 kg ini harus mampu bermanuver di sekitar dan di atas bebatuan serta mendaki lereng yang tertutup kerikil yang curam hingga 32 derajat. 

Secara keseluruhan, Opportunity telah mencapai hal-hal berikut:

- Perjalanan 721 kaki di Mars pada 20 Maret 2005, memecahkan rekor untuk satu hari (220 meter).

- Memproduksi lebih dari 217.000 foto, termasuk 15 panorama 360 derajat berwarna.

- Membuat 52 permukaan batuan terlihat sehingga permukaan mineral baru dapat terlihat untuk diperiksa.

- menggunakan kuas untuk menghilangkan 72 target tambahan sehingga spektrometer dan pencitraan mikroskopis dapat memeriksanya.

- Menemukan mineral hematit di dekat lokasi pendaratannya.

- Menemukan bukti substansial tentang dampak air purba yang bertindak serupa dengan air minum dari kolam atau danau di Bumi di Kawah Endeavour.

 

Mengatasi rintangan

Semua pencapaian itu tidak dibuat tanpa campur tangan sesekali dari kehidupan di luar bumi. Baru pada tahun 2005 Opportunity mengalami kehilangan kemudi ke salah satu roda depan dan pemanas yang tersumbat yang merupakan ancaman serius bagi catu daya rover. 

Riak pasir Mars juga hampir memenjarakannya secara permanen. Badai debu dua bulan menempatkan rover dalam bahaya dua tahun kemudian. Opportunity berhenti menggunakan memori flash 256 megabyte pada tahun 2015. Pada tahun 2017, roda depan lainnya berhenti mengemudi.

 

Tim Opportunity di Bumi menemukan solusi untuk setiap tantangan yang dihadapi rover, memungkinkannya untuk pulih. Namun, badai debu terbesar dalam sejarah, yang berkembang pada musim panas 2018, terlalu berat bagi penjelajah Mars paling berpengalaman dalam sejarah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement