Rabu 01 Jun 2022 01:44 WIB

Teleskop Hubble Rilis Foto 'Galaksi Tersembunyi' di Balik Bima Sakti

Galaksi Caldwell 5 diselimuti debu gelap sehingga tampak tersembunyi.

Rep: MGROL136/ Red: Dwi Murdaningsih
Teleskop Hubble menemukan galaksi tersembunyi di belakang Bima Sakti
Foto: Hubble, esa, nasa
Teleskop Hubble menemukan galaksi tersembunyi di belakang Bima Sakti

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Teleskop Hubble menampilkan foto yang menakjubkan dari galaksi spiral IC 342 atau yang umumnya dikenal sebagai Caldwell 5. Menurut Badan Antariksa Amerika (NASA), para ilmuwan mengalami kesulitan untuk memantau galaksi ini karena adanya penghalang, sehingga membuatnya tampak seperti galaksi yang  "tersembunyi".

"Galaksi itu muncul di dekat khatulistiwa Bima Sakti, yang dipenuhi gas kosmik tebal, debu gelap, dan bintang-bintang bercahaya yang mengaburkan pandangan kita," tulis NASA, dilansir dari Space, Selasa (31/5/2022).

Baca Juga

Karena Hubble memiliki kemampuan inframerah, Hubble dapat mengintip sampai batas tertentu. Debu menyebarkan cahaya infra merah lebih sedikit sehingga memungkinkan pandangan galaksi yang lebih tajam di luar benda antarbintang.

"Pemandangan pusat galaksi yang berkilauan ini menampilkan sulur-sulur debu yang terjalin dalam lengan spektakuler yang membungkus inti cemerlang dari gas dan bintang," tulis NASA.

"Inti ini adalah tipe spesifik wilayah yang disebut inti H II - area atom hidrogen yang telah terionisasi. Wilayah seperti itu adalah tempat kelahiran bintang yang energik di mana ribuan bintang dapat terbentuk selama beberapa juta tahun."

Menurut NASA, bintang biru mengionisasi atau menggairahkan hidrogen di sekitar tempat kelahirannya dengan melepaskan sinar ultraviolet. Jika tidak ada begitu banyak debu menghalangi, galaksi itu akan menjadi salah satu yang paling terang di langit kita.

Dalam istilah galaksi, IC 342 juga dekat, hanya 11 juta tahun cahaya dari Bumi. Hubble telah berada di luar angkasa selama satu generasi dan sebelumnya telah mencitrakan galaksi ini. Foto galaksi IC 342 juga dapat dilihat pada tahun 2017 dan 2010.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement