Ahad 15 May 2022 17:45 WIB

Kenapa Orang Terobsesi dengan NFT yang Hanya Berbentuk Digital?

Saat membeli NFT, orang membeli token sebagai sertifikat keaslian.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani /Setyanavidita Livikacansera/ Red: Dwi Murdaningsih
NFT (ilustrasi)
Foto:

NFT lebih dari sekedar seni

Meskipun NFT jelas bagus untuk artis dan pembuat konten di mana pun, sebenarnya ada lebih banyak hal yang dapat dan akan digunakan oleh NFT.

Spesifikasi asli untuk NFT sebenarnya disebut akta atau sertifikat. Itu membantu memperjelas teknologi yang mendasarinya.

Karena NFT mewakili sesuatu yang unik, mereka pada dasarnya hanyalah validasi kepemilikan lain yang dapat dilampirkan ke banyak hal berbeda, contohnya, pertama, sertifikasi.

Scherba baru saja menyelesaikan lokakarya buildspace. Ketika menyelesaikannya, mereka mengirimi Scherba NFT yang menandakan bahwa dia telah berhasil menyelesaikan kursus tersebut. Ini seperti sertifikasi fisik atau diploma yang sebenarnya.

“NFT ini ada di dompet saya dan unik bagi saya. Saya tidak akan terkejut jika ini menjadi hal yang biasa,” tulis Scherba.

Kedua, keanggotaan. Salah satu alasan Justin Bieber, Jimmy Fallon, Steph Curry, dan lain-lain, membeli gambar monyet-The Bored Ape- adalah karena mewakili menjadi bagian dari klub eksklusif. The Bored Ape Yacht Club mengadakan pesta khusus anggota dan menyelenggarakan forum online khusus anggota.

Klub berbasis keanggotaan lainnya juga bermunculan dengan cepat. Seperti LinksDAO, yang membuat country club khusus pemegang NFT.

Ketiga, barang-barang metaverse. Dilansir dari Inc. Senin (21/3), yang paling membuat gamer bersemangat adalah cross-game NFT, atau item dalam gim yang dapat pemain transfer dari satu gim ke gim lainnya. Item dalam sebuah gim seperti senjata khusus, pakaian dan lain-lain, biasanya hanya ada di gim itu saja.

Dengan semakin banyaknya gim yang terhubung ke blockchain, semua ini tiba-tiba menjadi semakin portabel di seluruh gim. Hal-hal besar sedang terjadi di area ini dengan Nike membeli RTFKT dan Adidas menjual NFT untuk mengantisipasi para gamer dapat mentransfer bahkan sepatu digital mereka ke seluruh gim.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement