Selasa 05 Apr 2022 17:49 WIB

Galaksi Bimasakti Memiliki Cincin Dalam, Tepat di Luar Inti

Keberadaan cincin ini mengungkapkan wawasan baru tentang pembentukan bintang.

Rep: mgrol136/ Red: Ani Nursalikah
Galaksi Bimasakti. Galaksi Bimasakti Memiliki Cincin Dalam, Tepat di Luar Inti
Foto:

Untungnya, ilmuwan MPE menghabiskan dekade terakhir menggabungkan data dari berbagai upaya pengamatan, seperti survei APOGEE dan Observatorium Gaia dengan simulasi komputer yang ditingkatkan. Hasil akhirnya adalah model mutakhir interior Bima Saktiyang memperlihatkan batang lamban dengan tonjolan berbentuk kacang.

Bintang-bintang yang berasal empat hingga sembilan miliar tahun yang lalu menempati tonjolan ini dengan usia puncak enam hingga delapan miliar tahun. Sloan Digital Sky Survey (SDSS) yang berbasis di Apache Point Observatory di New Mexico sedang melakukan survei APOGEE.

Survei tersebut merupakan kampanye spektroskopi bintang skala besar. Panjang gelombang inframerah-dekat digunakan dalam survei ini sehingga memungkinkan pengamatan yang tidak dapat dicapai dengan cahaya optik.

Secara khusus, pengamatan IR APOGEE memungkinkannya untuk melihat melalui area berdebu di Bimasakti, seperti cakram dan tonjolan. Semua bintang di tonjolan yang baru ditemukan memiliki kelimpahan elemen, lokasi, kecepatan garis pandang, dan perkiraan usia yang ditentukan oleh tim MPE.

Sementara itu, data dari pesawat ruang angkasa Gaia ESA memberikan pengukuran yang tepat dari lokasi bintang-bintang ini dan pergerakan yang tepat. Para ilmuwan kemudian menggabungkan semua temuan mereka dalam model cara kerja bagian dalam Bimasakti.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement