Senin 07 Mar 2022 06:19 WIB

Wajib Tahu, 6 Tips Google Search untuk Browsing Makin Cepat dan Akurat

Pencarian di Google bisa lebih memudahkan dengan trik tertentu.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Dwi Murdaningsih
Google Search mode gelap.
Foto: republika/idealisa
Google Search mode gelap.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mencari di Google atau Googling adalah salah satu hal paling sederhana untuk dilakukan di internet. Namun, ada banyak trik yang dapat digunakan untuk mendapatkan hasil pencarian yang cepat dan lebih akurat.

Berikut ini tipsnya:

Baca Juga

Setel filter waktu

Dilansir dari Indian Express, Ahad (6/3/2022), hasil Google search akan memiliki filter waktu di kiri atas, tepat di bawah kategori (All, News, Shopping, Images, dll.) Opsi ini secara default diatur ke ‘Any time’ tetapi Anda dapat mengubahnya sesuai kebutuhan Anda untuk mendapatkan hasil pencarian dari jam, minggu, bulan, atau tahun terakhir.

Gunakan tanda kutip (“ “) untuk hasil yang tepat

Google dapat mengambil istilah pencarian yang Anda masukkan dalam urutan apa pun untuk mendapatkan hasil yang lebih luas. Namun, kadang pencarian yang tidak terlalu luas atau lebih spesifik diperlukan misalnya ketika sedang mencari lirik lagu. Untuk menelusuri frasa penelusuran yang tepat, di mana hasilnya memiliki kueri penelusuran sesuai urutan yang Anda masukkan, pengguna dapat menggunakan tanda kutip ganda (“ “) dengan kueri Anda.

Titik dua untuk penelusuran khusus situs

Google memungkinkan Anda untuk mencari halaman situs web tertentu sehingga Anda tidak melihat situs lain yang tidak Anda cari. Untuk melakukan ini, Anda cukup menambahkan 'site:xyz.com' (di mana xyz bisa berupa situs web apa pun yang Anda inginkan) ke pencarian Anda untuk mendapatkan hasil dari situs web tertentu.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement