Jumat 11 Feb 2022 04:22 WIB

Ilmuwan Berhasil Ambil Gambar Permukaan Planet Venus

Wahana Parker Solar Probe milik NASA berhasil mendapatkan foto Venus.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Dwi Murdaningsih
Foto permukaan planet Venus yang diambil dengan kamera WISPR.
Foto:

Namun, alih-alih hanya melihat awan, WIPR juga melihat hingga ke permukaan planet. Faktanya, pada februari 2021, orbit pesawat ruang angkasa berbaris sempurna untuk WISPR untuk menggambarkan sisi malam Venus secara keseluruhan, catat NASA.

Hanya panjang gelombang yang terlihat sangat panjang (yang berbatasan dengan panjang gelombang inframerah-dekat) yang dapat menembus dari permukaan. Saat siang hari, cahaya merah ini hilang di tengah sinar matahari yang cerah terpantul dari puncak awan Venus. Namun, dalam kegelapan malam, kamera WISPR mampu menangkap cahaya redup ini yang disebabkan oleh panas luar biasa yang memancar dari permukaan.

“Permukaan Venus, bahkan di sisi malam, sekitar 860 derajat. Sangat panas sehingga permukaan berbatu Venus tampak bercahaya, seperti sepotong besi yang ditarik dari bengkel,” kata Wood.

Gambar-gambar tersebut, digabungkan menjadi sebuah video, mengungkapkan cahaya redup dari permukaan yang menunjukkan ciri khas seperti wilayah benua, dataran, dataran tinggi. Lingkaran cahaya oksigen di atmosfer juga dapat terlihat di sekitar planet ini.

“Pengamatan WISPR Venus di benar-benar menakjubkan,” kata Stephen Kane, ahli geofisika planet di University of California, Riverside.

 

Variasi emisi permukaan dengan ketinggian jelas cocok dengan peta topografi Venus. Hal ini menunjukkan seberapa sensitif suhu terhadap ketinggian. Alasan kita melihat permukaan pada panjang gelombang yang terlihat adalah karena permukaan benar-benar bersinar dengan panas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement