Jumat 11 Feb 2022 00:51 WIB

Cara Mematikan Layanan Lokasi di Ponsel

Data lokasi bisa digunakan untuk menguntit orang.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Dwi Murdaningsih
Layanan lokasi di ponsel bisa menjadi pedang bermata dua, berbahaya dan bisa disalahgunakan.
Foto: www.freepik.com.
Layanan lokasi di ponsel bisa menjadi pedang bermata dua, berbahaya dan bisa disalahgunakan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Layanan lokasi bisa menjadi pedang bermata dua. Layanan lokasi telah digunakan untuk memeras dan menguntit orang. Pencuri menggunakannya untuk mencari tahu ketika orang-orang jauh dari rumah.

Dilansir dari Shawl Local, Kamis (10/2/2022), aplikasi sering kali mengemas dan menjual kembali informasi lokasi ke pialang data pihak ketiga yang menggunakannya untuk hal-hal seperti iklan bertarget. Bahkan, aplikasi yang mengumpulkan data lokasi untuk tujuan yang sah berisiko diretas dan data tersebut dicuri.

Baca Juga

Media sosial dan lokasi bisa menjadi kombinasi yang sangat eksplosif. Dengan alat yang tepat, orang asing dapat mengetahui dengan tepat di mana Anda berada setiap saat, cukup dengan mengikuti jejak informasi lokasi yang ditinggalkan oleh ponsel Anda.

Pakar keamanan menyarankan Anda membatasi aplikasi ke jumlah minimum informasi yang mereka butuhkan untuk berfungsi. Tanyakan pada diri Anda, apakah aplikasi ini benar-benar membutuhkan lokasi saya? Jika tidak, pertimbangkan untuk mematikan layanan lokasi untuk aplikasi itu. Aplikasi pelacakan kebugaran kemungkinan menggunakan lokasi Anda untuk melacak lari Anda, tetapi aplikasi senter tidak perlu tahu di mana Anda berada.

Jika aplikasi menuntut informasi lokasi, lihat informasi lain yang dimintanya. Apakah itu meminta data pribadi lain yang seharusnya tidak diperlukan? Aplikasi yang meminta informasi yang tidak perlu sering kali hanya ada untuk mengumpulkan data konsumen. Mereka berharap konsumen tidak akan menyadarinya atau, jika mereka mengetahuinya, tidak akan memiliki pengetahuan teknis untuk memperketat keamanan mereka.

Untuk mengelola layanan lokasi di iPhone atau iPad, buka Pengaturan dan pilih Privasi, lalu Layanan Lokasi. Di sini Anda dapat mengaktifkan atau menonaktifkan Layanan Lokasi, dan mengelola akses untuk setiap aplikasi.

Di Android, Anda akan menggesek layar dari atas ke bawah, dan memilih ikon Lokasi. Ketuk Izin Aplikasi untuk mengakses layanan lokasi.

Anda memiliki beberapa opsi dalam hal memberikan akses ke lokasi Anda. Anda dapat mematikan akses aplikasi ke lokasi sepenuhnya, memintanya untuk meminta mengaktifkan lokasi, atau selalu mengaktifkan lokasi untuk aplikasi itu. Untuk beberapa aplikasi, seperti aplikasi cuaca dan kebugaran, masuk akal untuk selalu mengaktifkan lokasi. Jika ragu, Anda bisa mengaturnya untuk bertanya terlebih dahulu.

Beberapa aplikasi mungkin tidak berfungsi dengan baik jika Anda mematikan layanan lokasi. Anda mungkin harus bereksperimen sedikit untuk mengetahui mana yang berhasil dan mana yang tidak. Ingatlah untuk tidak mematikan layanan lokasi untuk layanan sistem seperti Find My Phone yang memerlukannya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement