Kamis 10 Feb 2022 04:18 WIB

Cara Melatih Kebiasaan Digital yang Baik untuk Anak Zaman Now

Anak-anak sekarang banyak menghabiskan waktu dengan teknologi.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Dwi Murdaningsih
 Pandemi Covid-19 mau tak mau membuat anak menjadi dekat dengan internet dan gadget.
Foto: Republika.co.id
Pandemi Covid-19 mau tak mau membuat anak menjadi dekat dengan internet dan gadget.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setiap orang membutuhkan keterampilan tertentu untuk bertahan hidup di dunia digital saat ini. Orang dewasa cenderung mendapatkannya ketika teknologi baru datang. Namun, anak-anak saat ini praktis dilahirkan dengan ponsel cerdas di tangan mereka.

Semua dikembalikan kepada orang tua bagaimana mengajarkan kebiasaan digital terhadap anak. Perusahaan keamanan siber Kaspersky membagikan tips yang membantu anak Anda beradaptasi dengan web.

Baca Juga

Jadwalkan waktu tanpa perangkat

Ketika anak-anak menghabiskan banyak waktu menggunakan teknologi, mereka dapat memiliki rasa kecanduan. Menurut peneliti dari American Academy of Child & Adolescent Psychiatry, kecanduan ini dapat menyebabkan masalah tidur, perubahan suasana hati hingga masalah citra diri.  

Para ahli menyarankan untuk memperkenalkan anak-anak ke dunia online dengan secara bertahap meningkatkan waktu layar mereka. Yang paling sederhana dan paling efektif termasuk tidak menggunakan perangkat yang dekat dengan waktu tidur. Anda juga harus menyepakati waktu lain ketika anak-anak tidak diperbolehkan menggunakan telepon mereka, seperti saat makan bersama keluarga.

Perhatikan keamanan informasi dan lainnya

Ketika anak-anak tenggelam dalam dunia maya, mereka rentan terhadap sejumlah bahaya, baik di Web maupun di dunia nyata. Mulailah dengan menekankan bahwa mereka tidak boleh menatap ponsel saat menyebrang jalan atau berjalan naik atau turun tangga.

Selanjutnya adalah keamanan online termasuk ancaman internet seperti penipuan, pencurian data pribadi, virus, dan masih banyak lagi. Beri tahu anak-anak Anda untuk tidak mengunjungi situs web yang mencurigakan (dan mengajari mereka apa artinya), memasukkan kata sandi atau informasi pribadi apa pun di sana, membuka tautan yang mencurigakan, atau mengunduh aplikasi dari manapun kecuali dari toko aplikasi resmi.

Tekankan bahwa mereka tidak boleh membagikan dokumen pribadi, informasi kartu kredit, atau foto yang dapat menempatkan mereka atau teman mereka dalam keadaan yang membahayakan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement