Selasa 01 Feb 2022 13:52 WIB

Trik Bikin Baterai di Windows 11 Lebih Awet

Anda bisa menghemat baterai dengan berbagai trik yang diaplikasikan di Windows 11.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Dwi Murdaningsih
Menu start di windows 11
Foto:

Mengurangi refresh rate.

Refresh adalah beberapa kali gambar berubah di layar Anda. Sebagai aturan umum, semakin tinggi penyegaran, semakin halus, dan semakin baik pengalaman menonton Anda. Namun, kekurangannya adalah ini menjadikan tingkat konsumsi baterai yang tinggi.

Jadi jika Anda kekurangan baterai, mengurangi refresh rate mungkin bisa membantu. Caranya adalah: Pada tampilan Display tab di opsi Settings , klik Advanced display. Sekarang klik pada Choose a Refresh rate dan atur kecepatan refresh rate yang lebih rendah.

Atur latar belakang gelap atau warna solid gelap.

Mirip dengan latar belakang gelap, menggunakan tema gelap akan sedikit membantu dalam menurunkan biaya baterai di Windows 11 Anda. Caranya buka Settings > Personalization > tema. Klik Current Theme dan atur tema gelap.

Menggunakan opsi konsumsi daya.

Windows cukup pintar untuk mengetahui mode daya terbaik sesuai dengan kekuatan baterai dan sumber dayanya saat ini. Namun, jika Anda benar-benar kehabisan baterai, Anda dapat mengubah beberapa pengaturan daya komputer Anda dengan mudah dan mungkin memperpanjang umurnya.

 

Caranya, luncurkan Settings app lagi dan buka System > Troubleshoot > Other troubleshooters. Dari sana pilih navigasi ke bagian Power dan klik Run.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement