Rabu 05 Jan 2022 01:58 WIB

Prediksi Tren Teknologi 2022

Kecerdasan buatan dan virtual reality diprediksi makin booming di 2022.

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Setyanavidita livikacansera/ Red: Dwi Murdaningsih
Gim virtual reality. Kecerdasan buatan dan virtual reality diprediksi makin booming di 2022 seiring dengan jaringan 5G yang juga makin banyak digunakan.
Foto:

Augmented reality (AR) dalam kegiatan belanja daring.

Beberapa tahun belakangan, lokapasar menjadi sarana utama bagi sebagian masyarakat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Kebiasaan berbelanja daring pun kian merebak saat pandemi Covid-19 melanda.

Tahun depan, masyarakat akan bisa belanja daring dengan lebih nyata. Dengan teknologi AR, masyarakat bisa dibuat seakan tengah memegang benda yang akan dibeli. Lewat model tiga dimensi, pengguna pun bisa melihat barang belanjaan secara detail dari berbagai sisi.

Hadirnya konsep metaverse di 2021, juga akan berdampak besar pada industri belanja daring di tahun yang akan datang. Dikutip dari Benzinga, Kamis (30/12), Wakil Presiden pemasaran untuk platform manajemen Grin, Ali Fazal, mengungkapkan, ketika orang mendengar tentang metaverse, masih banyak dari mereka yang membayangkan teknologi itu baru akan datang bertahun-tahun atau bahkan puluhan tahun lagi.

Namun, Ali meyakinkan, teknologi yang satu ini, kini telah hadir di sekitar kita. "Saya pikir ketika orang mendengar tentang augmented reality dan metaverse, rasanya sangat futuristik, tapi sungguh, ini adalah konsep yang kita lihat perlahan-lahan terintegrasi ke dalam strategi pemasaran jenama modern selama beberapa tahun terakhir," ujarnya.

Di masa depan, metaverse akan memungkinkan kita untuk mengirim avatar virtual diri kita sendiri untuk bekerja atau mengunjungi rumah secara digital tanpa meninggalkan rumah kita sendiri. Namun, untuk saat ini, perusahaan Fazal, Grin, berada di garis depan adopsi paling awal dari teknologi metaverse.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement