Jumat 24 Dec 2021 05:02 WIB

Studi Ungkap Bagaimana Bumi dan Mars Terbentuk

Ilmuwan menyebut Bumi dan Mars mungkin terbentuk dari tabrakan batu seukuran Bulan.

Rep: Puti Almas/ Red: Dwi Murdaningsih
Pelajar melihat mural tentang tata surya di kawasan Pademangan Timur, Jakarta Utara, Senin (11/11/2019).
Foto:

"Hanya beberapa persen dari blok bangunan kedua planet ini yang berasal dari luar orbit Jupiter. Dengan demikian, kami menjawab pertanyaan mendasar tentang terbuat dari apa Bumi, dan ini memungkinkan kami untuk menjawab pertanyaan yang lebih mendasar tentang bagaimana Bumi terbentuk,” ujar Burkhardt, dilansir Space.com, Kamis (23/12). 

Meskipun akumulasi kerikil mungkin memainkan peran utama dalam pembentukan planet berbatu di sekitar bintang lain, salah satu alasan kemungkinan hanya memiliki peran kecil dalam pembentukan planet berbatu di tata surya adalah Jupiter, yang bisa melahap banyak kerikil dan debu dari tata surya luar. Burkhardt mengatakan tidak ada keraguan bahwa Jupiter sebagai 'raja planet' memiliki pengaruh pada apa yang terjadi di tata surya bagian dalam. 

"Tanpa Jupiter, kita mungkin duduk hari ini di planet super-Bumi atau mini-Neptunus,” jelas Burkhardt.

Temuan baru ini juga menunjukkan bahwa Bumi dan Mars kemungkinan menggabungkan material dari sekelompok batuan luar angkasa yang saat ini tidak diketahui sains, yang berasal dari kemungkinan besar ke arah matahari dari orbit Bumi.

 "Jadi perburuan sedang berlangsung. Menemukan sampel dengan karakteristik yang diprediksi di antara meteorit yang tidak dikelompokkan dalam koleksi kami akan luar biasa,” kata Burkhardt.

 

Para ilmuwan merilis temuan studi secara daring pada 22 Desember di jurnal Science Advances.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement