Selasa 21 Dec 2021 01:13 WIB

Tren Teknologi 2022, 5G Hingga Robot Rumah Tangga

AI, IoT, dan automasi akan makin mendominasi pada tahun yang akan datang.

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Dwi Murdaningsih
Robot (ilustrasi). Teknologi  AI, IoT, dan automasi akan makin mendominasi pada tahun yang akan datang.
Foto:

VR atau AR dengan internet of senses

Tahun depan, penggunaan virtual reality environments (VR) dan augmented reality (AR) akan makin luas. Bahkan, kehadirannya bisa makin imersif berkat penerapan internet of senses.

Konsep internet of senses memungkinkan pengguna tak hanya dimanjakan oleh gambar dan suara yang nyata, tapi juga bisa merasakan sentuhan, rasa dan aroma. Sebagai penunjang, fitur ini akan dilengkapi dengan hapticsuit yang bisa membuat pengguna benar-benar merasakan sentuhan. 

Metaverse

Penerapan metaverse atau meta semesta dalam dunia teknologi membuat pengguna bisa menik mati interaksi dalam dunia maya secara bersama-sama dalam skala besar. Sejumlah perusahaan seperti Facebook, Nvidia, dan Microsoft telah menyusun pengembangan metaverse untuk mencip takan lingkungan daring yang imersif.

Mulai diperkenalkannya konsep meta verse secara luas juga menawarkan kemudahan dalam bekerja, bersosialisasi, dan bermain di dunia virtual yang baru. Dengan teknologi ini, jutaan masyarakat bisa terlibat sekaligus dalam satu aktivitas tertentu, seperti konser musik atau dalam gim daring.

Dikutip dari Tech Radar, Gates menyinggung soal metaverse yang akan merevolusi masa depan pekerjaan. Di masa depan, menurut dia, perusahaan akan lebih fleksibel pada karyawannya untuk bekerja dari jarak jauh. Termasuk tidak lagi mewajibkan konsep bekerja dari kantor.

"Perubahan itu hanya akan meningkat pada tahun mendatang. Dalam dua atau tiga tahun ke depan, saya memperkirakan sebagian besar meeting virtual pindah dari grid gambar 2D ke metaverse atau ruang 3D dengan avatar digital," ungkapnya. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement