Jumat 17 Dec 2021 06:59 WIB

Komputer Pembuat Wikipedia dan NFT Dilelang Rp 14,3 Miliar 

NFT tersebut adalah gambar layar debut Wikipedia saat Wales memposting Halo World.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Dwi Murdaningsih
Komputer pribadi yang digunakan oleh pendiri Wikipedia Jimmy Wales ketika memprogram Wikipedia 20 tahun yang lalu dilelang.
Foto: ETX Studio pic via malay mail
Komputer pribadi yang digunakan oleh pendiri Wikipedia Jimmy Wales ketika memprogram Wikipedia 20 tahun yang lalu dilelang.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Sebuah Non Fungible Token (NFT) yang mengenang suntingan pertama pendiri Wikipedia Jimmy Wales pada sumber referensi online 20 tahun lalu dan komputer yang dia gunakan saat memprogram platform terjual pada lelang Rabu (15/12). Keduanya terjual dengan total hampir satu juta dolar Amerika Serikat (AS) atau sekitar Rp 14,3 miliar. 

Rumah lelang Christie’s menjual NFT yang merupakan objek digital unik dan memberikan kepemilikan melalui teknologi blockchain- seharga 750.000 dolar AS atau Rp 10,7 miliar dan  Strawberry iMac seharga 187.500 dolar AS atau Rp 2,6 miliar. 

Baca Juga

Dilansir dari Japan Today, Kamis (16/12), NFT tersebut adalah gambar layar debut Wikipedia ketika Wales memposting kata-kata pertama, “Halo world.”

“Strawberry iMac adalah komputer pribadi yang digunakan untuk pengembangan dan penelitian pada saat peluncuran situs web pada 15 Januari 2001,” kata Christie’s. 

NFT, disajikan dalam format JPEG, bersifat interaktif, dengan pembeli dapat mengedit halaman, yang dapat diatur ulang dengan pengatur waktu untuk kembali ke keadaan semula. Sebagian dari hasil penjualan akan membantu mendanai proyek WT.Social Wales, jaringan media sosial “alternatif non toksik” yang menggunakan model bebas iklan.

Sebagai bentuk seni baru untuk beberapa kolektor dan investor, NFT telah menjadi bahan lelang di berbagai rumah lelang dan pasar seni. Sebuah NFT dari kode sumber World Wide Web terjual pada Juli seharga 5,4 juta dolar AS atau Rp 77,5 miliar di Sotheby’s. Sedangkan karya serba digital dari seniman Amerika Beeple menarik 69,3 juta dolar AS atau Rp 994,7 miliar pada Maret di Christie’s. Harga ini menjadi sebuah rekor NFT. 

Baru-baru ini juga  Christie’s mengumumkan lelang rompi anti peluru yang dikenakan oleh megabintang rap Kanye West selama pesta yang menandai perilisan album 2021-nya “Donda”. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement