Sabtu 27 Nov 2021 02:11 WIB

10 Foto Spektakuler Teleskop Hubble tentang Alam Semesta

Teleskop Hubble telah beroperasi selama 31 tahun.

Rep: Mabruroh/ Red: Dwi Murdaningsih
Mystic Mountain
Foto:

Objek Herbig-Haro 24

photo
Objek Herbig-Haro 24 - (hubble, NASA, ESA,)
 

Bintang-bintang yang baru terbentuk terkadang mengeluarkan pancaran gas terionisasi yang tipis dan panas, menciptakan efek seperti lightsaber yang dikenal sebagai objek Herbig-Haro. Bintang muda yang tertutup debu di tengah gambar ini terletak di Bima Sakti kita, sekitar 1.350 tahun cahaya. Hubble mengamati objek HH ini dalam inframerah.  

 

Nebula Kupu-Kupu

photo
Nebula kupu kupu - (hubble, NASA, ESA,)

Saat bintang yang lebih kecil mati, mereka mengeluarkan lapisan gas terluarnya ke luar angkasa selama sekitar 10 ribu tahun, meninggalkan inti panas yang dikenal sebagai katai putih. Radiasi dari katai putih di tengah gambar ini menyinari gas yang keluar, menciptakan formasi mencolok yang disebut nebula planet. 

Menurut NASA, nama itu berasal dari masa-masa awal astronomi, ketika pengamat mengira bentuk redup yang mereka amati mungkin terkait dengan planet. Dengan perkiraan suhu permukaan lebih dari 400 ribu derajat Fahrenheit, bintang pusat nebula planet ini adalah salah satu bintang terpanas yang pernah tercatat.

 

Jupiter dan Europa

 

photo
Planet Jupiter dan bulannya Europa - (hubble, NASA, ESA,)
 

Gambar Jupiter yang cukup baru ini tidak hanya menangkap Bintik Merah Raksasa, tetapi juga badai putih terang yang membentang di garis lintang tengah utara yang mengelilingi planet ini dengan kecepatan 350 mil per jam. 

Mystic Mountain atau nebula Carina

photo
Mystic Mountain - (hubble, NASA, ESA,)

Gambar tersebut merupakan bintang produktif yang dikenal sebagai Nebula Carina. Gunung Mistis ini berisi bintang-bintang baru lahir super panas dalam bentuk nebula dan menekan pilar, menyebabkan bintang baru terbentuk di dalamnya. Pada saat yang sama, pilar itu terkoyak dari dalam, ketika bintang-bintang bayi yang terkubur di dalamnya menembakkan semburan gas yang dapat terlihat mengalir dari puncaknya.

 

Galaksi Antena

photo
Galaksi antena. - (hubble, NASA, ESA,)

Hubble telah mendokumentasikan penggabungan dua galaksi spiral yang dijuluki "Galaksi Antena" selama bertahun-tahun. Pasangan ini mulai berinteraksi beberapa ratus juta tahun yang lalu, dan selama tabrakan, miliaran bintang akan terbentuk.

Bentrokan ini begitu dahsyat sehingga bintang-bintang telah direnggut dari galaksi induk untuk membentuk busur streaming di antara keduanya, inspirasi untuk nama mereka. Dan laju pembentukan bintang sangat tinggi sehingga galaksi Antena dikatakan dalam keadaan ledakan bintang, periode di mana semua gas di dalam galaksi digunakan untuk membentuk bintang. Tahap ini tidak dapat berlangsung selamanya dan begitu pula galaksi-galaksi yang terpisah, akhirnya, mereka akan menyatu menjadi satu galaksi elips besar.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement