Senin 22 Nov 2021 01:45 WIB

5 Cara Masuk ke Industri Gim Video

Ada banyak peluang untuk bekerja di bidang industri gim.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Dwi Murdaningsih
Bermain Video Gim (ilustrasi)
Foto: VOA/Reuters
Bermain Video Gim (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, TEXAS -- Industri gim tengah berkembang pesat. Ada banyak peluang untuk bekerja di bidang ini.

Peluang itu bisa berupa desainer gim dan insinyur perangkat lunak. Ada pula peluang menjadi seniman grafis atau insinyur listrik yang mendesain konsol gim. Karier di industri gim video berlimpah.

Baca Juga

Sebagai mantan kepala grafis untuk perusahaan gim video besar, Andre Thomas tahu secara langsung apa yang diperlukan untuk mendapatkan pekerjaan di industri gim video. Kepala Learning Interactive Visualization Experience -atau LIVE Lab- di Texas A&M University ini memberikan 5 tips bagaimana untuk masuk ke industri gim video:

 

Rancang gim Anda sendiri

Ketika ingin melamar pekerjaan atau magang di perusahaan gim video, ada baiknya untuk menunjukkan gim yang telah Anda buat atau modifikasi. Untungnya, mesin gim, yang merupakan teknologi dasar untuk gim, tersedia secara gratis dan memungkinkan membuat gim sendiri. Unreal dan Unity adalah dua yang mungkin ingin Anda coba.

Dilansir dari Japan Today, Ahad (21/11), Anda juga dapat menggunakan perangkat lunak gratis, seperti Houdini dan Blender, untuk membuat aset gim video seperti bangunan, karakter, kendaraan, dan animasi.

Berpartisipasi dalam kompetisi gim

Game jam adalah kontes di mana peserta membuat gim video baru dalam jangka waktu yang ditentukan . Game jam juga menjadi cara yang bagus untuk bertemu dan bekerja dengan orang lain dalam proyek gim dan hanya belajar cara mendesain gim.

Banyak jam menampilkan perwakilan perusahaan gim video. Perwakilan perusahaan ini berfungsi sebagai mentor, juri, dan pelatih. Mereka dapat memberi Anda tip dan trik tentang cara masuk ke industri ini. Mereka juga dapat memberi Anda petunjuk tentang pekerjaan.

Game jam biasanya singkat, seperti satu atau dua hari, tetapi beberapa berlangsung sepekan atau lebih. Anda dapat memasukkan game jam sebagai individu atau sebagai tim kecil. Beberapa game jam berfokus pada tema tertentu seperti kesehatan, konservasi atau sains dan menyediakan sumber daya bagi guru dan siswa untuk berpartisipasi, seperti Games for Change Student Challenge.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement