Ahad 05 Mar 2023 13:43 WIB

Cek 14 Gim Video Santai untuk Bantu Hilangkan Stres

Gim yang membuat pemainnya merasa nyaman mulai digemari.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Natalia Endah Hapsari
Bermain gim juga bisa menjadi cara menghilangkan stres di kehidupan sehari-hari. Beberapa tahun terakhir, “cozy game” atau gim yang membuat pemainnya merasa nyaman mulai masuk ke dunia gim./ilustrasi
Foto: Reuters
Bermain gim juga bisa menjadi cara menghilangkan stres di kehidupan sehari-hari. Beberapa tahun terakhir, “cozy game” atau gim yang membuat pemainnya merasa nyaman mulai masuk ke dunia gim./ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA—Selain dengan berjalan-jalan, berolahraga, melakukan wisata kuliner, bermain gim juga bisa menjadi cara menghilangkan stres di kehidupan sehari-hari. Beberapa tahun terakhir, “cozy game” atau gim yang membuat pemainnya merasa nyaman mulai masuk ke dunia gim.

Dilansir dari Engadget, berikut ini merupakan pilihan gim yang tidak menekankan kekerasan, persaingan yang ketat, kesibukan yang luar biasa,dan dorongan agresif lainnya. Apa sajakah? 

Baca Juga

  • Stardew Valley (Switch, PS4, Xbox, PC)

Kehidupan bertani gim Stardew Valley terkenal karena kualitasnya yang menenangkan. Anda bisa bermain-main di sekitar pertanian Anda, mengobrol santai dengan penduduk kota, membuat bir, atau memancing selama beberapa jam.

 

  • Tetris Effect (Switch, PS4, PS5, Xbox, PC, Meta, Quest)

Tetris Effect, pada dasarnya, adalah versi yang lebih cantik dari permainan teka-teki  balok jatuh yang telah menguasai dunia sejak pertengahan tahun 80-an. Gim ini memiliki soundtrack pop yang luar biasa dan papan bertemanya juga memiliki kualitas yang halus.

 

  • Dorfromantik (Switch, PC)

Ini adalah  permainan teka-teki di mana Anda meletakkan ubin untuk menciptakan pedesaan yang indah. Ubin tersebut datang dalam berbagai jenis hutan, ladang, sungai, rel kereta api, rumah kecil dan sebagainya.

Ide gim ini adalah menyatukan potongan-potongan yang serupa. Dorfromantik tidak memiliki batasan waktu dan bahkan tidak ada cara untuk benar-benar “menang”. Pemain dituntun untuk mempertimbangkan setiap bagian, melihat tanah, dan melihat bagaimana semuanya cocok.

 

  •  Short Hike (Switch, PS4, Xbox, PC)

Di gim ini, Anda bermain sebagai Claire, seekor burung muda di dunia hewan antropomorfik, yang tinggal di taman provinsi kecil namun ramai. Ada sesuatu yang membebani Claire dan dia perlu menelepon. Tetapi satu-satunya tempat yang bisa menerima sinyal seluler adalah puncak gunung di tengah taman. Tujuan gim dua jam ini adalah pergi ke sana.

 

  • Captain Toad: Treasure Tracker (Switch)

Captain Toad: Treasure Tracker adalah gim teka-teki dari Nintendo yang membuat pemainnya menavigasi serangkaian level yang mirip diorama, masing-masing dengan bintang emas di ujungnya.  Ini secara teknis merupakan spin-off dari gim Super Mario. Tetapi di sini, Anda tidak dapat melompat.

 

  • Desert Golfing (PC, iOS, Android)

Persis seperti judulnya, ada bola, lubang, dan beberapa tanah gurun. Tidak ada par, tidak ada item, tidak ada menu jeda, tidak ada restart, bahkan tidak ada avatar fisik.

Hanya menyeret kursor ke belakang untuk menentukan sudut dan kekuatan bidikan berikutnya, dan upaya untuk mendapatkan A ke B. Setelah Anda melakukannya, lubang baru muncul, dan Anda melanjutkannya.

 

  • The Ramp (Switch, PC)

The Ramp adalah permainan skateboard yang minimalis. Gim ini tidak membebani Anda dengan skor tinggi, poin keterampilan, sasaran penyesuaian kamera atau HUD. Anda hanya perlu membuka kunci semua  rute dan karakternya setelah tutorial singkat.

 

  • Euro Truck Simulator 2 (PC)

Euro Truck Simulator 2 memungkinkan pemain gim mengemudikan banyak truk besar melintasi versi ringkas Eropa, mengirimkan kargo, dan pada akhirnya mengembangkan bisnis angkutan truk Anda sendiri.

Ini adalah simulator, bukan gim Grand Theft Auto (GTA). Jadi, pemain gim diharapkan untuk mengikuti undang-undang lalu lintas, mengisi bahan bakar kendaraan Anda, dan menyelesaikan pengiriman tepat waktu dengan kerusakan sesedikit mungkin.

 

  • Wide Ocean Big Jacket (Switch, PC)

Wide Ocean Big Jacket memiliki cerita mengikuti perjalanan berkemah pasangan muda, Brad dan Cloanne, keponakan mereka yang berusia 13 tahun, Mord, dan temannya Ben. Yang bisa dipelajari dari gim ini adalah tentang cinta dan satu sama lain. Gim ini memiliki suasana komedi indie. Yakni, sedikit aneh, lucu tapi tidak kejam, jujur tapi tidak bertele-tele, dan mengharukan di akhir cerita.

 

  • Hidden Folks (Switch, PC, iOS, Android)

Hidden Folks memberi Anda serangkaian adegan hidup di gim, masing-masing penuh dengan detail dan narasi mikro. Anda akan mendapatkan serangkaian hal untuk diungkap, dan setelah menemukan cukup banyak, Anda dapat melanjutkan ke tahap berikutnya.

 

  • PowerWash Simulator (Switch, PS4, PS5, Xbox, PC)

Anda akan melakukan pekerjaan mencuci di sekitar kota “Muckingham”. Anda akan menghapus kotoran dari berbagai objek di setiap pertunjukan. Tidak ada batasan waktu atau skor untuk dipenuhi, dan setiap hal kotor memiliki bilah kemajuan yang sesuai untuk diselesaikan.

Di gim ini bisa mendapatkan uang untuk dibelanjakan pada peralatan cuci listrik yang ditingkatkan, dan ada mode naratif yang terjadi di berbagai tempat, secara harfiah dan kiasan.

 

  • Unpacking (Switch, PS4, PS5, Xbox, PC)

Unpacking masih merupakan permainan teka-teki. Jadi, itu akan membuat item menyala merah sampai Anda meletakkannya di lokasi yang “benar”. Unpacking hampir tanpa kata, tetapi berhasil menceritakan sebuah kisah hampir seluruhnya melalui lingkungan isometriknya. Yaitu kotak yang Anda bongkar semuanya milik karakter yang sama, dan setiap gerakan terjadi di tahun yang berbeda dalam hidup mereka.

 

  • Please, Touch the Artwork (Switch, PC, iOS, Android)

Please, Touch the Artwork adalah satu set dari permainan teka-teki yang masing-masing terinspirasi oleh seni abstrak. Spesifik permainannya berbeda: yang satu membuat Anda secara mekanis membuat ulang lukisan bergaya Mondrian. Sementara yang kedua adalah mengubah Broadway Boogie Woogie menjadi kisah cinta kecil, dan yang ketiga membingkai ulang New York City sebagai metafora untuk menyesuaikan diri dengan kehidupan di kota baru yang besar.

 

  • Zen Bound 2 (Switch, PC)

Di Zen Bound 2, Anda mendapatkan seutas tali dan serangkaian patung 3D. Tujuan Anda adalah melilitkan tali di sekeliling setiap patung hingga tertutup seluruhnya, melapisinya dengan cat dalam prosesnya. Patung-patung itu sendiri bisa lebih sulit daripada yang terlihat, namun dengan banyak celah tersembunyi dan sudut tajam.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement