Rabu 18 Oct 2023 12:42 WIB

Terjual Lebih dari 300 Juta Kopi, Ini Dia Gim Terlaris Sepanjang Masa

Gim tersebut baru dirilis secara resmi pada akhir tahun 2011.

Minecraft menjadi gim terlaris sepanjang masa karena telah terjual lebih dari 300 juta kopi/ilustrasi
Foto: dok. Minecraft ModCombo
Minecraft menjadi gim terlaris sepanjang masa karena telah terjual lebih dari 300 juta kopi/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Minecraft kini telah terjual lebih dari 300 juta kopi. Gim tersebut juga akan berusia 15 tahun pada 2024. 

Sebagai gambaran, seperti dilansir Engadget, Rabu (18/10/2023), Grand Theft Auto V bahkan tidak berada di urutan kedua, dengan lebih dari 185 juta kopi terjual. 

Baca Juga

Bahkan, rilisnya yang agak terlambat, yaitu pada 2013 tidak banyak membantu menutupi kesenjangan tersebut terutama mengingat Minecraft melampaui angka 200 juta pada 2020. 

Mojang Studios mengumumkan pencapaian tersebut selama acara Minecraft Live yang membagikan fitur-fitur baru yang akan hadir dalam gim tersebut, seperti ruang uji coba yang memiliki jebakan dan massa yang mendatangi Anda di sepanjang serangkaian ruangan dan koridor. 

Star Wars: Path of the Jedi DLC yang baru dan Planet Earth DLC juga dalam pengembangan serta akan tersedia masing-masing pada 7 November dan awal tahun depan. 

Kepala Mojang Studios Helen Chiang mengatakan menjelang ulang tahunnya yang ke-15, Minecraft tetap menjadi salah satu gim terlaris sepanjang masa dengan lebih dari 300 juta kopi terjual. “[Ini] merupakan tonggak sejarah yang tidak dapat diimpikan oleh siapa pun ketika kami semua melakukan blok pertama,” ujar Chiang. 

Tanggal pasti peluncuran Minecraft sendiri agak membingungkan. Pengembang gim Markus Persson, umumnya dikenal sebagai Notch, pertama kali membuat Minecraft tersedia untuk umum pada tahun 2009 (hari jadinya dirayakan), tetapi gim tersebut baru dirilis secara resmi pada akhir tahun 2011. 

Persson menggunakan peluncuran awal sebagai peluang untuk memperbaiki permainan, mencatat masukan serta merilis pembaruan alfa dan beta pada tahun 2010 di bawah perusahaan barunya, Mojang. Jens Bergensten mengambil alih sebagai desainer utama pada akhir tahun itu, dan pada November 2011, gim resmi Minecraft diluncurkan di iOS. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement