Sabtu 13 Nov 2021 07:19 WIB

Ilmuwan Tanggapi Dingin Rencana Pembangkit Nuklir Bill Gates

Bill Gates dan Warren Buffett berencana luncurkan proyek reaktor nuklir Natrium.

Bill Gates.
Foto:

Klaim 10 kali lebih murah

Reaktor Natrium ini direncanakan untuk bisa mengisi kekurangan energi yang diproduksi oleh pembangkit tenaga angin dan surya sebagai generator cadangan. Proyek ini mencakup reaktor cepat berpendingin natrium 345 MW dengan penyimpanan energi berbasis garam cair untuk meningkatkan output daya hingga 500 MW pada masa puncak permintaan daya.

Teknologi Natrium memiliki kemampuan untuk menyimpan panas dalam tangki garam cair agar bisa digunakan di masa depan, seperti pada baterai. 

"Natrium mencakup tangki-tangki penyimpanan panas nitrat- jenis penyimpanan panas yang sama seperti yang dipakai dalam sistem tenaga surya terkonsentrasi - pengganti turbin gas dan pembangkit listrik tenaga batu bara," kata Charles Forsberg dari Departemen Ilmu dan Teknik Nuklir di Massachusetts Institute of Technology mengatakan kepada DW.

"Penyimpanan panas ini 10 kali lebih murah daripada penyimpanan dengan menggunakan baterai tetapi membutuhkan teknologi penghasil panas untuk menggabungkan penyimpanan panas. Nuklir adalah teknologi penghasil panas rendah karbon," ujarnya.

sumber : DW
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement