Kamis 11 Nov 2021 13:45 WIB

Vaksin Baru Kelak Dapat Atasi Semua Jenis Virus Corona

Peneliti di Inggris mengembangkan vaksin yang dapat tangkal semua virus corona.

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Reiny Dwinanda
Ilustrasi SARS-CoV-2, virus corona tipe baru penyebab Covid-19. Ilmuwan Inggris tengah mengembangkan vaksin baru yang dapat mengatasi semua jenis virus corona, termasuk aneka varian SARS-CoV-2 dan virus penyebab selesma.
Foto:

Dengan memperluas sel T yang sudah ada sebelumnya, vaksin semacam itu dapat membantu menghentikan virus di jalurnya di tahap yang sangat awal. Penelitian ini didanai oleh National Institute for Health Research dan UK Research dan Innovation's UK Coronavirus Immunology Consortium.

photo
Sudah divaksinasi, orang masih bisa kena Covid-19. - (Republika)

Penulis utama Leo Swadling dari Divisi Infeksi dan Imunitas University College London mengatakan, penelitian ini menjelaskan bagaimana orang terinfeksi virus. Dia mengatakan, petugas kesehatan yang mampu mengendalikan virus sebelum terdeteksi lebih mungkin memiliki sel T yang mengenali mesin internal sebelum pandemi Covid-19 dimulai.

"Paparan selesma sebelumnya mungkin telah memberi orang-orang ini langkah awal melawan virus, memberi keseimbangan yang mendukung sistem kekebalan mereka untuk menghilangkan virus sebelum bisa mulai bereplikasi," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement