Rabu 10 Nov 2021 17:21 WIB

Grup Peretas Temukan Celah untuk Jailbreak PS5

Peretas mendapatkan kunci root PS5.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Dwi Murdaningsih
Sony PS5.
Foto: t3
Sony PS5.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Peretas baru saja menemukan langkah untuk kemungkinan jailbreaking PlayStation 5. Akhir pekan lalu, kelompok peretasan Fail0verflow mengklaim telah berhasil mendapatkan kunci root PS5 yang memungkinkan mereka untuk mendekripsi firmware konsol.

Selain itu, Andy Nguyen (seorang insinyur keamanan di Google yang lebih dikenal di bawah kendalinya, theflow0) berhasil mengakses menu pengaturan debug PS5 di ritel PS5 selama akhir pekan juga. Kedua eksploitasi ini ditemukan oleh Wololo.net.

Baca Juga

Dilansir dari The Verge, Selasa (9/11), kedua eksploitasi ini sangat menonjol karena tingkat akses yang secara teoritis mereka berikan ke perangkat lunak PS5. Firmware yang didekripsi-yang dimungkinkan melalui kunci Fail0verflow- berpotensi memungkinkan peretas untuk lebih jauh merekayasa balik perangkat lunak PS5.

Selain itu juga berpotensi mengembangkan jenis peretasan yang memungkinkan hal-hal seperti menginstal Linux, emulator, atau bahkan gim bajakan di konsol Sony sebelumnya.

Untuk saat ini, kedua eksploitasi tidak akan menghasilkan banyak perubahan bagi pemilik PS5. Pada 8 November, dan baik Nguyen maupun Fail0verflow tidak mempublikasikan detail peretasan masing-masing. Tidak jelas juga apakah mereka akan melakukannya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement