Rabu 10 Nov 2021 14:50 WIB

5G Picu Industri Terus Ngebut

Layanan 5G sangat membutuhkan ketersediaan spektrum yang signifikan.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Dwi Murdaningsih
Jaringan 5G ilustrasi
Foto:

Harapan konsumen

Menurut laporan International Data Corporation (IDC), ada lebih dari 30 persen konsumen di Indonesia yang pengeluaran TIK-nya didominasi oleh smartphone. Country Manager IDC Indonesia Mevira Munindra menerangkan, jika konsumen Indonesia saat ini, memiliki harapan untuk memiliki ponsel 5G dengan harga terjangkau.

"Apa yang kita lihat di pasar adalah adanya keinginan untuk memiliki handset dengan sepesifikasi tinggi, tapi cost-nya bagi konsumen harga cukup," ujarnya.

Tahun ini, penjualan smartphone 5G di Indonesia meningkat dua kali lipat secara kuartal ke kuartal. IDC memperkirakan smartphone 5G yang terjual di Indonesia sudah mencapai 500 ribu unit.

Harga jual rata-rata smartphone 5G di Indonesia mencapai 575 dolar AS atau sekitar Rp 8,1 juta. Harga tersebut turun 30 persen dari kuartal lalu. Ketertarikan masyarakat terhadap tek nologi masa depan, disebut Mevira, juga ikut memengaruhi pertumbuhan ponsel 5G di pasar domestik.

"Kami melihat dari new generation saat ini sudah aware dengan teknologi, dan itu akan menjadi suatu konsiderasi besar ke depannya apa bila ada 5G. Mereka lebih teredukasi terhadap adanya penggunaan teknologi di dalam day-to-day gadget mereka," ujarnya.

Selain minat konsumen yang makin tinggi, IDC juga menangkap isu ketersediaan perangkat menjadi salah satu faktor yang juga memicu pengapalan smartphone berbasis generasi kelima. "Kami memperkirakan, pengiriman perangkat 5G akan tumbuh. Pasokan chipset yang saat ini juga mengalami ke lang kaan juga berpengaruh pada pengiriman smartphone ke Indonesia," jelas Mevira.

Bila dilihat secara keseluruhan, pengiriman smartphone yang masuk ke Indonesia akan mencapai 47 juta unit di 2022. Kontribusi smartphone 5G pun mencapai 15 persen.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement