Selasa 12 Oct 2021 18:37 WIB

Kunci Efektivitas 5G di Indonesia

5G menjanjikan pengiriman data 10-100 kali lebih cepat dibandingkan saat ini.

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Dwi Murdaningsih
Jaringan 5G ilustrasi
Foto:

Menurut Ewerbring, cara untuk memperoleh sliced network adalah dengan mentransformasikannya menjadi serangkaian jaringan logis di atas shared infrastructure. Setiap jaringan ini dirancang untuk melayani tujuan bisnis yang telah ditentukan dan terdiri atas semua sumber daya jaringan yang diperlukan.

Soal keamanan jaringan, kata dia, penggunaan 5G juga harus benar-benar ditunjang oleh sistem keamanan yang andal karena ancaman ke amanan terus berkembang. Termasuk, infrastruktur dan risiko bisnis terus meningkat, kebutuhan regulasi meningkat, skenario penerapan dan terciptanya skenario pemanfaatan baru, miliaran perangkat baru, serta tantangan yang berkenaan dengan komputasi awan.

Jika tak ditunjang dengan sistem keamanan yang memadai, hal ini bisa memberikan persoalan yang masif karena 5G digunakan sebagai jaringan yang menunjang digitalisasi, otomatisasi dan konektivitas mesin, robot, solusi transportasi, dan sebagainya.

Jika keempat backbone ini bisa dihadirkan dengan optimal, Ercisson yakin penerapan 5G bisa memberi kan dampak yang masif baik untuk pengguna personal, pemerintah maupun bisnis.

Bagi pengguna personal, 5G bisa menunjang penerapan enhanced video, dengan kualitas 4K, 8K, dan format 360 derajat. Pengguna akan dapat menikmati live sports stream ing, musik dan permainan. Aug mented dan virtual reality (AR/VR), layanan Internet of Things (IoT), hiburan, konektivitas dalam mobil dan digital advertising.

 

Selain itu, 5G juga bisa memberikan dampak luas karena mampu menjalankan proses apa pun dari jarak jauh. Termasuk, memiliki kon trol realtime aktual dari setiap pro ses bisnis, pengoperasian yang telah sepenuhnya otomatis, menggunakan compute re sources dan memiliki tingkat ke aman an lebih tinggi tanpa mengorbankan kinerja keseluruhan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement