Selasa 12 Oct 2021 18:37 WIB

Kunci Efektivitas 5G di Indonesia

5G menjanjikan pengiriman data 10-100 kali lebih cepat dibandingkan saat ini.

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Dwi Murdaningsih
Jaringan 5G ilustrasi
Foto:

Untuk mid band, kata dia, spektrum ini sangat pas untuk digunakan di perkotaan atau di jalan raya karena menghasilkan jangkauan jaringan seluler yang mulus. Sehingga, bisa menghadirkan kecepatan di rentang ratusan megabita per detik dalam radius beberapa kilometer.

Sementara itu, spektrum low band adalah spektum yang sangat pas untuk menjangkau kota kecil dan pedesaan. Sebab, spektrum low band dibangun dengan cara mirip dengan cara 1G dan 2G diperkenalkan pada beberapa dasawarsa lalu yang dihadirkan dengan fokus awal pada cakupan.

Lewat spektrum ini, pengguna bisa menikmati peningkatan kinerja jaringan dengan jangkauan hingga sekitar 16 kilometer. "Selain spektrum frekuensi radio, efektivitas 5G juga ditentukan oleh evolusi antena radio, network slicing, dan sistem keamanan yang andal," ujarnya.

Perkuat pengalaman pengguna

Evolusi antena radio perlu dilakukan kerena antena 5G merupakan antena yang terintegrasi dengan ra dio dan memiliki kemampuan kom putasi tinggi dengan beberapa miliar transistor. Untuk menjembatani kebutuhan tersebut, Ericsson pun telah menghadirkan sejumlah antena yang mampu menunjang kebutuhan jaringan 5G.

Sementara itu, network slicing adalah sebuah jawaban agar 5G mampu memenuhi kebutuhan jaringan yang lebih cepat dengan ting kat keamanan tinggi. Oleh karena itu, network slicing ini merupakan ja waban terbaik bagi operator dalam me menuhi kebutuhan dan me lam paui ekspektasi berbagai pengguna.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement