Jumat 01 Oct 2021 14:11 WIB

Fairphone, Ikhtiar Produsen Buat Ponsel Ramah Lingkungan

Fairphone berupaya membuat komponem ponsel yang bisa didaur ulang.

fairphone
Foto:

Tujuan Fairphone, bagaimanapun, bukanlah untuk bersaing dengan pembuat smartphone besar. "Kami ingin membuat industri elektronik yang lebih bertanggung jawab, dengan menunjukkan bahwa ada pasar untuk telepon yang etis dan berkelanjutan," kata Monique Lempers.

Dia menganggap ukuran perusahaan yang lebih kecil sebagai hal yang positif. "Kami melihat beberapa rekan kami lebih takut mengambil risiko untuk berinvestasi atau sumber dari pabrik atau tambang tertentu yang membutuhkan dukungan,” lanjutnya. "Saya pikir, menjadi perusahaan yang lebih kecil adalah keuntungan sekaligus tantangan."

Apakah ponsel "zero-impact” sesuatu yang mungkin?

Fairphone bukan satu-satunya perusahaan yang mencoba membuat smartphone low-impact, artinya berdampak seminimal mungkin terhadap lingkungan. Shiftphone dari Jerman juga menganut desain modular dan memenangkan Penghargaan Keberlanjutan Jerman tahun 2021. Ini menandakan tren potensial dalam desain smartphone berdampak rendah, tetapi apakah mungkin ada smartphone tanpa dampak, atau zero impact?

"Saya pikir, mencapai nol mungkin menantang. Ini sudah sangat mendekati," kata Profesor Teknik Lofti Belkhir di Universitas McMaster Kanada, yang merupakan rekan penulis studi tahun 2017 yang mengukur jejak karbon ponsel dan perangkat serupa.

Baca juga : ASI Penyintas Mengandung Antibodi Covid-19 Hingga 10 Bulan

Dia mengatakan telepon no-impact hanya mungkin jika setiap bagian dari rantai pasokannya cocok. Dalam kasus Fairphone, itu berarti Google harus menywesuaikan diri, agar mereka yang memproduksi perangkat keras tidak terpengaruh dengan pembaruannya.

"Anda tidak bisa hanya menjadi perusahaan yang terisolasi, tidak peduli seberapa mulia dan seberapa berdedikasi dan cerdasnya Anda dan dapat berhasil dalam sistem seperti ini."

Tapi dia optimis dan mengatakab "sangat percaya pada kreativitas pengusaha" dan menunjuk kisah-kisah sukses perusahaan yang dapat menginspirasi dan membuktikan apa yang mungkin dilakukan.

"Tesla misalnya, berasal dari satu perusahaan kecil, telah mampu memaksa hampir semua produsen mobil untuk masuk ke mobil listrik. Dan hari ini, nilai pasar mereka lebih besar daripada perusahaan tiga besar di AS."

 

 

 

sumber: https://www.dw.com/id/smartphone-apakah-benar-bisa-ramah-lingkungan/a-59372590

sumber : DW
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement