Kamis 19 Aug 2021 21:01 WIB

Trik Hemat Kuota Saat Gunakan Google Meet

Google Meet menjadi salah satu aplikasi paling populer yang digunakan selama pandemi.

Rep: Zainur Mahsir Ramadhan/ Red: Ani Nursalikah
Trik Hemat Kuota Saat Gunakan Google Meet.
Foto: Yogi Ardhi/Republika
Trik Hemat Kuota Saat Gunakan Google Meet.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Google Meet menjadi salah satu aplikasi paling populer yang digunakan selama pandemi. Selain digunakan untuk rapat, tak jarang juga Google Meet menjadi alternatif para pelajar dalam melakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Kegiatan yang konstan dilakukan para pelajar itu tentu berdampak pada kuota internet. Beruntung bagi yang memasang jaringan internet seperti Wi-Fi karena tidak terbebani lebih dengan batasan kuota yang minim. Namun demikian, bukan berarti kuota internet provider tidak bisa dibatasi untuk penggunaan Google Meet.

Baca Juga

Khusus untuk gawai pintar Android atau Ios, batasan penggunaan kuota atau versi hemat Google Meet bisa dipilih dengan mengklik "Meet Saver Mode" atau biasa juga disebut "Limit Data Usage". Untuk mengaksesnya, bisa menekan tiga garis horizontal di aplikasi Google Meet.

Setelah itu, pilih menu "Setting" dan alihkan menjadi "Limit Data Usage". Namun, penggunaan data terbatas di desktop atau laptop sedikit berbeda.

Untuk pilihan ini, pengguna bisa menurunkan resolusi video menjadi 480 atau lebih rendah, 360p. Caranya kurang lebih sama. Klik tiga titik vertikal di pojok kanan bawah, lalu klik "Setting" dan arahkan ke menu "Video". Di opsi video, pengguna bisa memilih opsi "Standard Definition" atau "360p". 

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement