Ahad 15 Aug 2021 06:35 WIB

Zoom Buat Fitur Agar Murid Lebih Fokus Saat Sekolah Online

Focus mode, murid hanya bisa melihat tampilan guru yang sedang melakukan presentasi.

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Dwi Murdaningsih
Aplikasi Zoom (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Aplikasi Zoom (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Pandemi membuat sejumlah sekolah melakukan metode pembelajaran online. Aplikasi Zoom pun jadi salah satu sarana penunjang tele learning yang user friendly dan representatif.

Dikutip dari The Verge pada Jumat (13/8), Zoom telah menambah sebuah fitur baru agar aplikasi ini makin efektif diguakan sebagai penunjang sekolah online. Fitur baru itu dihadirkan lewat focus mode yang dihadirkan agar para murid bisa lebih fokus dalam mencerna pelajaran.

Baca Juga

Focus mode sendiri adalah sebuah mode yang membuat murid hanya bisa melihat tampilan guru yang sedang melakukan presentasi. Artinya, saat focus mode diaktifkan, maka murid satu dengan murid lainya tak dapat saling melihat tampilan webcam masing-masing.

Zoom menilai, jika murid satu dengan murid lainya dapat saling melihat tampilan webcam, maka hal itu membuat murid menjadi kurang fokus. Oleh karena itu, focus mode ini diharapkan bisa jadi solusi agar kegiatan belajar mengajar dapat berlangsung lebih optimal.

Saat focus mode diaktifkan, guru tetap dapat melihat seluruh webcam para murid untuk memastikan bahwa murid-murid tersebut mengikuti kegiatan belajar mengajar dengan baik. Mode ini pun dapat diaktifkan secara fleksibel sesuai dengan kebutuhan guru.

Fitur ini sendiri sebenarnya mirip dengan mode yang diterapkan pada webinar mode. Tapi, focus mode hadir secara lebih fleksibel dan dapat digunakan oleh akun tak berbayar.

Dengan adanya focus mode, maka kegiatan belajar mengajar tetap dapat dilakukan dengan efektif tapi tak terlalu membebani institusi pendidikan yang harus menggunakan akun berbayar jika ingin menggunakan webinar mode.


Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement