Rabu 09 Aug 2023 14:05 WIB

Benarkah Zoom Pakai Data Pengguna untuk Melatih AI?

Pihak Zoom menyatakan tidak akan memakai data pengguna tanpa persetujuan.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Natalia Endah Hapsari
Zoom disebut-sebut dapat menggunakan data pengguna tertentu untuk pembelajaran mesin atau kecerdasan buatan (  (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Zoom disebut-sebut dapat menggunakan data pengguna tertentu untuk pembelajaran mesin atau kecerdasan buatan ( (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Zoom memperbarui persyaratan layanannya minggu ini untuk memungkinkannya menggunakan beberapa data penggunanya untuk melatih kecerdasan buatan (AI). Ahasil, ada kemungkinan panggilan video Anda akan digunakan untuk memperkuat AI mereka. Tak ayal, hal ini menimbulkan kekhawatiran.

Ketentuan tersebut menyatakan bahwa Anda memberikan Zoom izin terus-menerus, di seluruh dunia, non-eksklusif, bebas royalti, dapat disublisensikan, dan dapat dialihkan serta semua hak lain yang diperlukan atau diperlukan ke konten pelanggan untuk beberapa tujuan.

Baca Juga

Bahkan sekarang termasuk pembelajaran mesin dan kecerdasan buatan. Bagian lain dari persyaratan tersebut menyatakan bahwa Zoom dapat menggunakan data pengguna tertentu untuk pembelajaran mesin atau kecerdasan buatan (termasuk untuk tujuan pelatihan dan penyetelan algoritme dan model).

Situs web yang berfokus pada pengembang, Stack Diary, pertama kali memperhatikan perubahan dalam kebijakan Zoom. Ini dengan cepat menjadi titik pertikaian online. Orang-orang marah karena Zoom akan menggunakan data pelanggan untuk AI. Namun saat ini, sulit untuk menguraikan dengan tepat bagaimana atau apa rencana Zoom untuk digunakan untuk tujuan AI dan pembelajaran mesin. Persyaratan layanan ditulis dalam bahasa hukum yang rumit. 

Setelah warganet marah, Zoom menanggapi dengan posting blog tentang persyaratan yang diperbarui, meskipun itu tidak sepenuhnya jelas. Itu melewati beberapa poin penting, di antaranya menegaskan kembali bahwa pelanggan menguasai konten mereka, bahkan jika Zoom memiliki izin untuk menggunakan konten pelanggan ini untuk memberikan layanan bernilai tambah. 

"Itu juga menambahkan bahwa bagian 10.2, yang mencakup sedikit tentang pelatihan AI, merujuk informasi tertentu tentang bagaimana pelanggan kami secara keseluruhan menggunakan produk kami, yang merupakan data yang dihasilkan layanan yang dianggap Zoom sebagai datanya sendiri."

Belakangan, dengan huruf tebal, Zoom menulis, "Untuk AI, kami tidak menggunakan konten audio, video, atau obrolan untuk melatih model kami tanpa persetujuan pelanggan," ujar Zoom seperti dilansir Mashable SEA, Selasa (9/8/2023).

Perusahaan mencatat, jika pengguna setuju untuk menggunakan fitur AI generatifnya, maka pengguna akan diberikan pilihan untuk membagikan konten tersebut untuk melatih AI-nya. Pada dasarnya ada toggle bottom untuk mematikan atau menghidupkan akses ke data.

Bukan hal yang aneh jika perusahaan ingin menggunakan data yang dihasilkan layanan, atau bahkan AI didasarkan pada petak besar data yang dibuat pengguna. Tetapi panggilan video terasa seperti hal yang pribadi sehingga orang-orang dengan cepat bereaksi terhadap gagasan bahwa gambar dan percakapan kami mungkin dibuat untuk tujuan AI. 

Zoom mengklaim bahwa mereka dapat memilih jika itu yang terjadi, tetapi bahasa yang kuat dalam persyaratan layanan tentu cukup untuk menakuti banyak pelanggan. Selain itu, seperti persyaratan layanan apa pun, tetap sulit untuk memprediksi dengan tepat apa implikasi yang akan bertahan lebih lama, karena bahasanya terbuka dan sulit diuraikan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement