Rabu 04 Aug 2021 19:19 WIB

Uji Coba III: Baricitinib Cegah Kematian Pasien Covid-19

Baricitinib tampa bantu cegah kematian pada beberapa pasien Covid-19 yang kritis.

Rep: Puti Almas, Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Perawat memantau infus pasien Covid-19. Data terbaru dari uji coba fase ketiga menunjukkan kandidat obat untuk mencegah infeksi virus corona jenis baru (Covid-19) bernama baricitinib dari Eli Lilly Co terbukti mengurangi kematian pada pasien dengan gejala parah.
Foto:

Sementara itu, elompok ilmuwan Singapura telah menemukan kombinasi obat yang berpotensi digunakan untuk mengobati pasien Covid-19 dengan gejala ringan hingga sedang. Tim dari National University of Singapore (NUS) menemukan bahwa kombinasi antivirus molnupiravir dan anti-inflamasi baricitinib tampak efektif melawan Covid-19 varian beta dan delta.

Dari hasil uji laboratorium, kombinasi tersebut terbukti mampu menghambat sebaran virus SARS-CoV-2. Namun, menurut Direktur Institute for Digital Medicine NUS, Prof Dean Ho, perlu ada evaluasi klinis lebih lanjut terkait temuan ini.

"Kami mencari terapi kombinasi yang pada akhirnya dapat diberikan kepada pasien dengan gejala ringan yang sedang dalam pemulihan di rumah atau di fasilitas perawatan masyarakat," kata Ho, seperti dilansir International Business Times, Selasa (3/8).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement