Senin 02 Aug 2021 20:46 WIB

Vaksin Gabungan Cara Ampuh Hadapi Pandemi Covid?

Vaksin gabungan AZ dan Pfizer menghasilkan antibodi 10 kali lipat.

Vaksinator mempersiapkan vaksin Covid-19 Astrazeneca sebelum diberikan kepada warga (ilustrasi).
Foto:

Antibodi 10 kali lipat

Lebih dari 200 orang berpartisipasi dalam uji coba yang dilakukan di Rumah Sakit Universitas di Homburg, Saarland, selama beberapa bulan terakhir. Kelompok pertama menerima dua dosis suntikan AstraZeneca, kelompok kedua menerima dua dosis suntikan BioNTech-Pfizer dan kelompok ketiga menerima satu dosis suntikan AstraZeneca diikuti oleh satu dosis BioNTech.

Para peneliti membandingkan kekuatan respon imunitas peserta dua minggu setelah suntikan kedua. “Kami tidak hanya melihat jumlah antibodi yang dikembangkan terhadap virus corona (dari para peserta), tetapi juga seberapa efektif antibodi mereka,” ujar Martina Sester, profesor untuk transplantasi dan imunologi infeksi di Universitas Saarland.

"Itu memberitahu kita seberapa baik antibodi dalam mencegah virus dalam memasuki sel kita."

Dalam hal pengembangan antibodi, vaksinasi dua dosis BioNTech serta kombinasi AstraZeneca-BioNTech secara signifikan lebih efektif dibanding dua dosis vaksin AstraZeneca. Peserta yang mendapat salah satu dari dua kombinasi suntikan tersebut memproduksi sekitar 10 kali lebih banyak antibodi dibandingkan dengan yang mendapat dua suntikan AstraZeneca.

"Bahkan hasil dengan pendekatan vaksin gabungan, sedikit lebih baik daripada yang dicapai dengan dua suntikan BioNTech, kata Sester menambahkan.

Untuk vaksin yang membutuhkan dua suntikan, pejabat kesehatan biasanya merekomendasikan suntikan kedua sama dengan yang pertama.

 

sumber : DW
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement