Senin 31 May 2021 04:39 WIB

Tips Sembunyikan Foto Kenangan di Google Photos

Memories memungkinkan memunculkan kembali foto dari tanggal sama tahun sebelumnya.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Google Photos. Ilustrasi
Foto: CNN
Google Photos. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, KALIFORNIA -- Pengguna Google Photos mungkin akrab dengan Memories. Fitur ini memunculkan kembali foto dari tanggal yang sama di tahun-tahun sebelumnya.

Namun, tidak semua kenangan adalah kenangan yang mungkin ingin Anda hidupkan kembali. Misalnya perpisahan yang menyakitkan, kehilangan orang yang dicintai atau awal pandemi. Sekarang Google telah menambahkan alat baru yang memungkinkan Anda menghapus foto dari Memories.

Baca Juga

“Memberikan kontrol lebih besar atas apakah mereka ingin mengunjungi kembali kenangan atau tidak juga membuat pengalaman yang lebih inklusif bagi pengguna transgender,” kata Google dalam sebuah posting blog beberapa waktu lalu, dilansir dari CNET, Ahad (30/5).

Berikut cara menyesuaikan Google Photos untuk menyembunyikan kenangan yang berpotensi menyakitkan atau tidak diinginkan:

1. Buka aplikasi seluler Google Photos. Di atas Above Photo View, Anda akan melihat kreasi bergaya Stories seperti Spotlight, Recent Highlights, One Year Ago dan banyak lagi.

2. Jika Anda mengetuk salah satu kreasi, Anda akan melihat opsi di kanan bawah untuk memfavoritkan gambar, membagikannya, atau berinteraksi lebih lanjut dengan pengaturan. Ketuk ikon Settings.

3. Pilih Memories Settings dalam menu. Dari sana, Anda bisa cukup spesifik tentang gambar apa yang ingin atau tidak ingin Anda lihat.

Untuk menyembunyikan orang dan hewan peliharaan, pengguna bisa memilih Hide People and Pets, Google Photos akan menampilkan kisi People and Pets. Siapa pun yang tidak ingin Anda lihat lagi dalam kenangan atau kreasi, cukup ketuk gambar dan ikon tersembunyi kecil akan muncul di atasnya.

Sayangnya, untuk saat ini cara ini hanya akan menyembunyikan subjek seperti yang muncul dalam ingatan atau kreasi. Jika Anda menggulir melalui Photo View, masih ada kemungkinan Anda bisa menemukan gambar yang tidak diinginkan. Namun, menghapus gambar masih menjadi pilihan.

Ada juga opsi untuk sembunyikan tanggal. Jika Anda lebih suka tidak diingatkan tentang jangka waktu tertentu, Anda dapat memilih Hide Dates. Ketuk Add Dates, dan Google Photos tidak akan menampilkan lagi kenangan atau kreasi dalam jangka waktu tersebut. Anda dapat memilih tanggal mulai dari tahun 1970.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement