Ahad 23 May 2021 10:08 WIB

Snapchat Klaim 500 Juta Pengguna di Tengah Pandemi

Snapchat klaim memiliki 500 juta pengguna aktif bulanan.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Nora Azizah
Snapchat klaim memiliki 500 juta pengguna aktif bulanan.
Foto: EPA
Snapchat klaim memiliki 500 juta pengguna aktif bulanan.

REPUBLIKA.CO.ID, SAN FRANCISCO -- Snapchat, jejaring sosial yang populer di kalangan pengguna muda ponsel pintar, mengatakan pada Kamis (20/5) bahwa pihaknya memiliki 500 juta pengguna aktif bulanan. Platform yang telah memperluas penawarannya di luar pesan aslinya yang menghilang, sebelumnya tidak mengumumkan angka untuk pengguna aktif bulanan, tetapi mengatakan bulan lalu memiliki 280 juta pengguna aktif harian.

Dilansir dari Malay Mail, Ahad (23/5), pengumuman tersebut datang pada pertemuan puncak mitra perusahaan induk Snap di mana perusahaan tersebut meluncurkan kemitraan baru untuk konten dan belanja dan mengungkapkan “tontonan” baru bagi pengembang untuk membuat konten augmented reality (AR).

Baca Juga

Angka baru, lebih tinggi dari perkiraan sebelumnya, mencerminkan lonjakan penggunaan media sosial selama pandemi virus corona dan juga menyoroti bagaimana Snapchat mengimbangi platform saingan yang berfokus pada anak muda seperti TikTok dan Instagram milik Facebook.

“Kami sekarang menjangkau lebih dari 500 juta pengguna aktif bulanan, dan hampir satu dari setiap dua pengguna smartphone di Amerika Serikat menggunakan Snapchat,” kata kepala eksekutif Evan Spiegel dalam pembukaan KTT tersebut.

“Di Amerika Serikat (AS), Prancis, Inggris, Australia dan Belanda, Snapchat menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat, menjangkau 90 persen dari usia 13 hingga 24 tahun dan 75 persen dari usia 13 hingga 34 tahun,” ujarnya lagi.

Spiegel mengatakan Snapchat telah melihat pertumbuhan mendesis selama setahun terakhir dengan banyak konsumen yang terkunci karena pandemi virus corona, dengan dua kali lipat pengguna harian di India selama lima kuartal terakhir. Ia mengatakan komunitas Snapchat kami di luar Amerika Utara dan Eropa berkembang pesat.

“Faktanya, sekitar 40 persen komunitas kami sekarang berada di luar Amerika Utara dan Eropa,” katanya.

Dikenal karena pesannya yang menghilang, Snapchat telah memperluas kemitraan dengan berbagai perusahaan media termasuk gim, berita, hiburan dan cuplikan olahraga. Snap mengatakan sekarang memiliki lebih dari 500 mitra konten di platform Discover, umpan sosial yang menampilkan penerbit berita, merek dan banyak lagi.

Platform juga dikenal dengan fitur AR yang memungkinkan pengguna untuk berbagi konten mereka sendiri dan berbelanja sambil mencoba item secara virtual. Perusahaan pada Kamis (20/5) meluncurkan sejumlah kemitraan baru termasuk dengan aplikasi kencan Bumble, yang memungkinkan pengguna untuk berbagi konten mereka dengan teknologi AR Snapchat.

Itu juga memperkenalkan apa yang disebut “generasi berikutnya dari Spectacles,” yang memungkinkan pengembang untuk membuat konten baru dengan hamparan realitas tertambah. Banyak daya tarik Snapchat berasal dari fitur “camera” yang memungkinkan pengguna menambahkan AR ke konten mereka sendiri, serta menggunakan teknologi tersebut untuk interaksi, termasuk berbelanja.

Tetapi Snap telah berjuang untuk menjadi menguntungkan meskipun pertumbuhannya kuat. Pada kuartal pertama, pendapatan dilaporkan meningkat 66 persen dari tahun lalu 770 juta dolar AS, sementara membukukan rugi bersih 286 juta dolar AS.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement