Jumat 14 May 2021 23:54 WIB

Kecerdasan Buatan Mengamati Aktivitas Pekerja

Piranti lunak untuk mengatur pekerjaan dari jarak jauh kini semakin penting.

Bagi sebagian orang, bekerja dari rumah mungkin bukanlah hal yang mudah (Foto: ilustrasi bekerja dari rumah)
Foto:

Data yang dikumpulkan perusahaan

Bagi serikat pekerja, yang penting adalah: pekerja harus mengetahui, data apa saja yang dikumpulkan perusahaan.

Sebuah perusahaan di AS melaksanakan pengawasan secara berbeda. Para pekerja sendiri yang diminta memasukkan data-datanya ke program, apa saja yang sudah dia kerjakan hari itu. Dari data itu terbentuk map kerja dan gambaran proyek. Dengan cara itu, atasan mendapat gambaran tentang kegiatan kerja dan penyelesaian pekerjaan tepat waktu.

Pembuat piranti lunak ini adalah Silvina Moschini. Awalnya dia hanya membuat program untuk perusahaannya. Sekarang dia menjualnya ke seluruh dunia.

Teknologi ubah cara kerja

Silvina Moschini adalah pendiri perusahaan Transparent Business. Ia menjelaskan, kalau bekerja dengan tim dari jarak jauh, ada tiga tantangan: kepercayaan, keterlibatan dan pertanggungjawabannya.

"Jadi kami mengembangkan alat untuk mengatur tim secara lebih efisien. Kemudian kami sadar, punya kantor tidak menguntungkan jika tim tersebar di beberapa negara." Demikian dipaparkan Moschini seraya menambahkan, teknologi ini mengubah cara kerja.

"Ibaratnya dulu orang menerbangkan pesawat secara buta, sekarang dengan instrumen."

Piranti lunak untuk atur pekerjaan dari jarak jauh

Sejak pandemi COVID-19, permintaan untuk piranti lunak itu naik lima kali lipat. Program berfungsi baik dan dengan cara itu, spesialis yang cocok bisa ditemukan di seluruh dunia untuk setiap proyek.

"Semuanya terkait dengan kecerdasan buatan. Misalnya, mesin belajar menggunakan data-data untuk mempertemukan pekerja dengan kualifikasi yang tepat, dengan orang yang mencari pekerja dengan kualifikasi itu."

Ada pekerja yang ingin segera kembali bekerja di ruangan besar dengan banyak orang. Tapi banyak juga yang senang bekerja dari rumah. Bagi atasan, penggunaan piranti lunak untuk mengatur pekerjaan dari jarak jauh jadi makin penting.

 

sumber: https://www.dw.com/id/kecerdasan-buatan-mengamati-aktivitas-pekerja/a-57499419

sumber : DW
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement