Sabtu 17 Apr 2021 18:15 WIB

Ilmuwan Ungkap Jumlah Spesies T-rex yang Ada Sebelum Punah

T-rex hidup selama 2,4 juta tahun lalu di Amerika Utara.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Dwi Murdaningsih
Kerangka Tyrannosaurus.
Foto: Wikipedia
Kerangka Tyrannosaurus.

REPUBLIKA.CO.ID, CALIFORNIA -- Ilmuwan menemukan jumlah populasi Tyrannosaurus rex selama 2,4 juta tahun lalu. Spesies menakutkan itu menghuni bagian barat Amerika Utara selama senja usia dinosaurus.

Mereka mempertimbangkan faktor-faktor termasuk ukuran rentang geografisnya, massa tubuhnya, pola pertumbuhan, usia saat kematangan seksual, harapan hidup, durasi satu generasi dan total waktu T. rex ada sebelum kepunahan 66 juta tahun yang lalu.

Mereka juga mengindahkan doktrin yang disebut hukum Damuth yang menghubungkan populasi dengan massa tubuh: semakin besar hewan, semakin sedikit individu.

Dilansir di Reuters, Sabtu (17/4), analisis mereka menyebutkan jumlah total individu T. rex yang pernah ada yakni sekitar 2,5 miliar. Dari jumlah itu ada sekitar 20.000 dewasa yang hidup pada satu waktu.

Fosil lebih dari 40 individu T. rex telah ditemukan sejak pertama kali dideskripsikan pada tahun 1905. Ahli paleontologi Charles Marshall, yang memimpin penelitian ini menyebutkan mengapa T.rex adalah makhluk yang ikonik. Pembunuh yang sangat masif dengan gigi yang sangat besar, yang tidak akan pernah Anda impikan sendiri jika kita tidak memiliki catatan fosil.

"Jadi tidak hanya sangat keren dan di luar imajinasi, tetapi juga nyata. Seperti Godzilla, tapi sebenarnya nyata. Dan saya pikir kita suka merasa kecil, dan T. rex pasti membuat kita merasa kecil dan rentan, "kata Marshall.

T.  rex adalah salah satu dinosaurus karnivora terbesar, memiliki tengkorak dengan panjang sekitar 1,5 meter. T-rex memiliki rahang besar dan berotot dengan kekuatan gigitan yang mampu menghancurkan tulang, gigi bergerigi seukuran pisang, indra penciuman yang tajam, kaki yang kuat dan lengan kecil dengan tangan yang hanya menonjolkan dua jari.

Mungkin T. rex terbesar yang diketahui adalah spesimen bernama Sue di Field Museum di Chicago, berukuran 12,3 meter, dengan berat sekitar 9 ton dan hidup sekitar 33 tahun.

Studi baru menempatkan berat rata-rata T. rex dewasa pada 5,2 ton. Umur rata-rata pada 28 tahun, waktu generasi pada 19 tahun, jumlah total generasi spesies sekitar 125.000, dan kisaran geografisnya sekitar 2,3 juta kilometer persegi. Mereka menghitung kepadatan populasi rata-rata sekitar satu T. rex untuk setiap kira-kira 100 kilometer persegi.

Fosil T. rex telah ditemukan di provinsi Alberta dan Saskatchewan Kanada dan negara bagian Montana, Wyoming, South Dakota, North Dakota, Utah, Colorado, New Mexico, dan Texas di AS. T-rex tampaknya menemui ancaman ketika sebuah asteroid menghantam Meksiko, memusnahkan tiga perempat spesies Bumi.