Selasa 13 Apr 2021 16:01 WIB

60 Tahun Lalu, Manusia Pertama Terbang ke Luar Angkasa

Yuri Gagarin adalah manusia pertama yang melakukan perjalanan luar angkasa.

Rep: Puti Almas/ Red: Dwi Murdaningsih
Yuri Gagarin
Foto:

Gagarin meninggal dalam kecelakaan pesawat pada 1968, saat berusia 34 tahun. Namun, namanya dikenang dengan hormat di Rusia, seperti menjadi nama dari Pusat Pelatihan Kosmonot Gagarin, tempat kru mempersiapkan misi luar angkasa, serta Landasan peluncuran di Baikonur tempat kapsul Vostok 1 lepas landas dinamai Gagarin's Start.

Sementara itu, astronot NASA Alan Shepard mengikuti misi orbit Gagarin dengan lompatan singkat 15 menit ke luar angkasa pada 5 Mei 1961. Penerbangan suborbital lainnya oleh astronot Gus Grissom menyusul pada Juli 1961.

Astronot AS pertama yang menyelesaikan misi orbit adalah John Glenn, yang terbang mengelilingi Bumi tiga kali di dalam pesawat ruang angkasa Friendship 7 pada Februari 1962.

Sebelum peluncuran Glenn, astronot Rusia Gherman Titov menyelesaikan misi orbit 25 jam pada Agustus 1961. Rangkaian penerbangan luar angkasa Uni Soviet yang pertama, yang dimulai dengan peluncuran satelit Sputnik 1 pada 1957, berlanjut selama beberapa tahun.

Astronot Rusia Valentina Tereshkova menjadi perempuan pertama yang terbang ke luar angkasa pada Juni 1963, dan Alexei Leonov melakukan perjalanan ruang angkasa pertama pada 1965.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement