Ahad 28 Mar 2021 18:52 WIB

Pengamat: Pasar Ponsel Pintar Segmen Low-End Tetap Bersaing

Ponsel pintar asal China dan Korea Selatan masih merajai pasar segmen low-end.

Penjualan ponsel pintar (Ilustrasi)
Foto:

Lima besar merek, yaitu Vivo, Oppo, Xiaomi, Realme, dan Samsung secara berurutan mendominasi segmen low-end dengan pangsa lebih dari 90 persen. 

Dari data tersebut diketahui bahwa vendor ponsel pintar asal China dan Korea Selatan masih merajai pasar di segmen low-end. Padahal, di segmen ini vendor-vendor lokal semacam Evercoss atau Advan juga turut bermain. Namun nampaknya mereka mulai tertinggal.

Lucky mengatakan beberapa tahun lalu vendor ponsel pintar lokal masih mendapat tempat, terutama di daerah atau kota-kota kecil. Namun, seiring masifnya e-commerce dan agresifnya raksasa ponsel pintar China menggempur pasar dalam negeri hingga ke pelosok daerah, vendor lokal kian tersisih.

"Pangsa pasar merek lokal sekarang semakin kecil, padahal dulu masih bisa masuk lima besar. Tanpa ada perubahan pola atau cara, merek lokal sepertinya tidak akan berkembang dan akhirnya habis karena kalah bersaing," kata Lucky.

Dia menambahkan dukungan dari pemerintah atau pemangku kebijakan terkait nampaknya bisa menjadi salah satu solusi untuk mendongkrak penjualan ponsel pintar besutan lokal, misalnya dengan kampanye mencintai produk dalam negeri.

 

"Mungkin brand lokal sendiri yang harus pro aktif melobi pemerintah untuk melihat sudah waktunya untuk bisa turut andil dalam segmen ini," kata dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement