Jumat 12 Feb 2021 14:06 WIB

Bukan Planet 9, Inilah Objek Terjauh di Tata Surya

Keberadaan objek terjauh ini mungkin tak bisa membantu ilmuwan mencari planet 9.

Rep: Mabruroh/ Red: Dwi Murdaningsih
Pelajar melihat mural tentang tata surya di kawasan Pademangan Timur, Jakarta Utara, Senin (11/11/2019).
Foto:

Planetoid baru saja menerima penunjukkan resmi dari Minor Planet Center di Cambridge, Massachusetts, untuk mengidentifikasi, menandai, dan menghitung orbit untuk benda-benda kecil di tata surya. Penunjukan itu, diumumkan pada Rabu (10/2) dan dalam surat edaran elektronik Minor Planet Center tertulis 2018 AG37. Planetoid adalah sebutan untuk benda yang lebih kecil dari planet namun lebih besar dari meteorid.

"Sebuah orbit tunggal Farfarout mengelilingi matahari membutuhkan milenium atau seribu tahun," anggota tim penemuan David Tholen, astronom dari University of Hawaii.

"Karena periode orbit yang panjang ini, ia bergerak sangat lambat di langit, membutuhkan beberapa tahun pengamatan untuk menentukan lintasannya secara tepat," tambahnya.

Para astronom melihat Farfarout menggunakan teleskop Subaru 8 meter (26,2 kaki) di Maunakea di Hawai'i. Ilmuwan menelusuri orbitnya menggunakan teleskop Gemini North dan Magellan. Menurut Scott Sheppard, dengan menunggu pembaharuan pada teleskop, memungkinkan untuk bisa secara efisien menemukan objek yang sangat jauh seperti Farfarout.

Orbit Farfarout saat ini dikenal sangat elips, berayun di antara ekstrem 27 AU dan 175 SA, berkat pemahatan gravitasi oleh Neptunus. Farfarout kemungkinan besar terlempar ke luar tata surya karena terlalu dekat dengan Neptunus di masa lalu.

"Farfarout kemungkinan akan berinteraksi dengan Neptunus lagi di masa depan, karena orbitnya masih berpotongan," kata Chad Trujillo, astronom planet ekstrasurya di Northern Arizona University, kata dalam pernyataan dari NOIRLab National Science Foundation.

Karena Neptunus memainkan peran besar dalam kehidupan Farfarout, planetoid kemungkinan besar tidak dapat membantu para astronom dalam perburuan Planet Sembilan. Keberadaan Planet Sembilan telah disimpulkan dari dugaan pengaruh gravitasi pada benda-benda kecil yang sangat jauh dari matahari, yang orbitnya berkelompok dengan cara yang aneh dan menarik. Tapi dunia kecil yang dilihat para astronom sebagai remah roti dalam pencarian Planet Sembilan bebas dari pengaruh Neptunus, tidak seperti Farfarout.