Kamis 04 Feb 2021 07:10 WIB

Manfaat Komputer Kuantum

Quantum computing adalah komputasi memanfaatkan superposisi dan entanglement.

IBM Quantum salah satu komputer kuantum yang dikembangkan.
Foto: ibm.com
IBM Quantum salah satu komputer kuantum yang dikembangkan.

Untuk mensimulasikan dunia nyata pada komputer biasa, maka perlu membuat model atau persamaan matematis dari dunia nyata tersebut.

Sementara pada komputer kuantum, proses perhitungannya dilakukan dengan melakukan satu eksperimen fisika dan untuk mendapatkan hasilnya, perlu melakukan pengukuran pada eksperimen tersebut. Sehingga komputer kuantum dapat mensimulasikan dunia nyata dengan lebih baik karena cara perhitungannya langsung dengan melakukan eksperimen di dunia nyata.

Komputer kuantum memiliki kelebihan yakni untuk beberapa permasalahan khusus dapat menghitung jauh lebih cepat karena efek superposisi yang dimilikinya sehingga perhitungannya bisa berjalan secara paralel.

Komputer kuantum juga lebih baik dalam mensimulasikan dunia nyata karena memanfaatkan secara langsung fenomena fisika. Misalnya, pemilihan sampel secara acak dengan cara lempar dadu tidak bisa disimulasikan secara sempurna oleh komputer biasa, tapi dapat dilakukan oleh komputer kuantum.

Di sisi lain, komputer kuantum memiliki kekurangan yaitu implementasi komputer kuantum tergolong sangat sulit. Karena untuk mengimplementasikan komputer kuantum, harus melakukan eksperimen fisika pada level kuantum di mana selama proses komputasi, operator (manusia) tidak bisa mengganggu proses itu. "Jadi hasil perhitungannya hanya dapat diperoleh satu kali saja di akhir," ujar Amril.

Amril mengatakan setiap kali melakukan perhitungan akan terjadi eror yang harus dikoreksi agar hasilnya sesuai. Itu menurutnya tidak mudah dilakukan dan masih diteliti sampai sekarang.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement