Senin 01 Feb 2021 05:01 WIB

Siswa SMA Temukan 4 Eksoplanet Baru

Planet diremukan oleh siswa berumur 16 dan 18 tahun.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
ilustrasi:temuan planet. ilustrasi
Foto:

Mentor Tansu Daylan berharap dapat mempelajari sistem ini secara lebih mendetail dan dapat membantu para peneliti memahami lebih lanjut tentang bagaimana sistem terbentuk.

“Spesies kita (manusia-red) telah lama memikirkan planet di luar tata surya kita dan dengan sistem multi-planet, Anda seperti mendapatkan jackpot,” katanya dalam pernyataan itu. “Planet-planet beradal dari piringan materi yang sama di sekitar bintang yang sama, tetapi mereka menjadi planet yang berbeda dengan atmosfer dan iklim berbeda karena orbitnya berbeda, Jadi kami ingin memahami proses fundamental pembentukan dan evolusi planet menggunakan sistem planet ini,” kata Daylan.

Daylan juga mengatakan ia menghargai kehadiran astronom muda di kelompoknya karena mereka membawa perspektif baru.

“Sebagai peneliti, saya sangat menikmati bereksperimen dan belajar serta memiliki bias yang minimal. Saya juga berpikir ini sangat bermanfaat bagi sekolah menengah karena mereka mendapatkan eksposur pada penelitian mutakhir dan ini mempersiapkan mereka dengan cepat untuk karier penelitian,” ujarnya.

Ini mungkin hanya awal dari karier astronomi bagi dua peneliti muda yang menjanjikan. Pingle sedang mempertimbangkan untuk belajar matematika terapan atau astrofisika setelah dia lulus. Wright akan segera memulai program Magister Astrofisika.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement