Senin 01 Feb 2021 05:01 WIB

Siswa SMA Temukan 4 Eksoplanet Baru

Planet diremukan oleh siswa berumur 16 dan 18 tahun.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
ilustrasi:temuan planet. ilustrasi
Foto: EPA-EFE/ESO/L. Calcada
ilustrasi:temuan planet. ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, MASSACHUSETTS -- Dua orang siswa menengah yang terlibat dalam program bimbingan di Harvard telah membantu menemukan empat eksoplanet baru. Dua siswa ini bernama Kartik Pingle (16 tahun) dan Jasmine Wright (18 tahun).

Mereka mengerjakan data dari Transiting Exoplanet Survey Satellite (TESS) NASA. Mereka mengamati bintang terdekat yang disebut TOI 1233. Dengan mencari penurunan kecerahan dari bintang-bintang, para peneliti dapat mengidentifikasi eksxoplanet yang melintas. Dalam pengamatan ini tim menemukan tidak kurang dari empat planet di orbit.

Baca Juga

“Saya sangat bersemangat dan sangat terkejut,” kata Wright dalam sebuah pernyataan, dilansir dari Digital Trends, Ahad (31/1).

“Kami tahu ini adalah tujuan penelitian (mentor Tansu) Daylan, tetapi untuk benar-benar menemukan sistem multiplanet dan menjadi bagian dari tim penemu, itu sangat keren,” ujarnya lagi.

Sistem ini terdiri dari sebuah bintang yang diputari oleh tiga planet gas seperti Neptunus tetapi lebih kecil. Masing-masing memiliki orbit antara enam dan 19,5 hari. Planet keempat adalah super-Earth, artinya berbatu seperti planet Bumi tetapi lebih besar, yang mengorbit bintang setiap empat hari.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement