Selasa 26 Jan 2021 10:31 WIB

Apple Sebut iPhone 12 Bisa Berbahaya Bagi Sebagian Pengguna

Apple menyebut magnet di iPhone mungkin bisa mengganggu peralatan medis implan.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
iPhone 12 mini
Foto: cnet
iPhone 12 mini

REPUBLIKA.CO.ID, CALIFORNIA—Apple telah mengeluarkan peringatan tambahan bahwa magnet tambahan yang ditemukan di iPhone 12, iPhone 12 Mini, iPhone 12 Pro, iPhone 12 Pro Max, serta aksesori MagSafe dapat menimbulkan risiko bagi pengguna alat pacu jantung dan defibrilator.

Dilansir dari Beta News, Selasa (26/1), perusahaan sebelumnya telah mengakui potensi magnet untuk mengganggu peralatan medis implan tertentu. Namun, sekarang Apple telah menjelaskan lebih jauh tentang risikonya. Apple menawarkan saran untuk mengatasi hal itu. Apple mengatakan jarak ponsel itu penting, terutama saat mengisi daya secara nirkabel.

Baca Juga

Di dokumen dukungan yang ada di websitenya, Apple menulis  iPhone berisi magnet serta komponen dan radio yang memancarkan medan elektromagnetik. Semua aksesori MagSafe (masing-masing dijual terpisah) juga mengandung magnet dan MagSafe Charger dan MagSafe Duo Charger berisi radio. Magnet dan medan elektromagnetik ini dapat mengganggu perangkat medis.

Meskipun semua model iPhone 12 berisi lebih banyak magnet daripada model iPhone sebelumnya, mereka tidak diharapkan menimbulkan risiko gangguan magnetis yang lebih besar pada perangkat medis daripada mode iPhone sebelumnya.

Perangkat medis seperti alat pacu jantung implan dan defibrilator mungkin berisi sensor yang merespons magnet dan radio saat berada dalam kontak dekat. Untuk menghindari kemungkinan interaksi dengan perangkat ini, jaga jarak aman iPhone dan MagSafe dari perangkat (lebih dari enam inci/15 cm atau lebih dari 12 inci/30 cm jika mengisi daya secara nirkabel). Tetapi konsultasikan dengan dokter Anda dan produsen perangkat Anda untuk pedoman khusus.

“Konsultasikan dengan dokter dan produsen perangkat medis Anda untuk informasi khusus tentang perangkat medis Anda dan apakah Anda perlu menjaga jarak aman antara perangkat medis dan iPhone atau aksesori MagSafe apapun,” tulis Apple melalui laman dukungan di websitenya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement