Kamis 07 Jan 2021 12:09 WIB

NASA akan Luncurkan Teleskop untuk Pelajari Ledakan Big Bang

Teleskop SPHEREx akan mengajak ilmuwan kembali ke masa-masa awal alam semesta.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Dwi Murdaningsih
Alam semesta (ilustrasi).
Foto:

Dilansir USA Today, Kamis (7/1), pola tersebut dapat membantu ilmuwan memahami fisika yang mendorong ekspansi itu. Sedangkan tujuan lain dari teleskop adalah untuk mempelajari sejarah pembentukan galaksi, dimulai dengan bintang-bintang pertama yang menyala setelah Big Bang dan berlanjut hingga galaksi-galaksi saat ini. Terakhir, para ilmuwan akan menggunakan SPHEREx untuk mencari es air dan molekul organik beku atau bahan penyusun kehidupan di Bumi di sekitar bintang yang baru terbentuk di Galaksi Bima Sakti.

"Misi luar biasa ini akan menjadi harta karun berupa data unik bagi para astronom," kata Administrator Asosiasi untuk Direktorat Misi Sains NASA, Thomas Zurbuchen.

“Kita akan memiliki petunjuk baru untuk salah satu misteri terbesar dalam sains, yakni apa yang membuat alam semesta berkembang begitu cepat berkurang dari satu nanodetik setelah Big Bang?” tambah dia.

Tim SPHEREx dijadwalkan menghabiskan 29 bulan ke depan untuk membangun komponen misi sebelum memasuki fase misi berikutnya, yaitu saat komponen tersebut akan disatukan, diuji, dan diluncurkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement