Rabu 30 Dec 2020 07:39 WIB

Video Gisel Muncul Lagi Setelah Dihapus? Ini Kata Pakar

Pakar jelaskan ada cara yang bisa pulihkan data di ponsel meski sudah dihapus.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Nora Azizah
Artis Gisella Anastasia (kiri) menjawab pertanyaan wartawan usai diperiksa di Gedung Ditkrimsus Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (23/12). Artis Gisella Anastasia menjalani pemeriksaan tambahan sebagai saksi selama 4,5 jam atas video asusila yang mirip dirinya. Republika/ThoudyBadai
Foto:

Namun, lanjut Ibnu, dibutuhkan perangkat lunak khusus untuk mengambil data yang sudah dihapus. Hal ini juga berlaku untuk data yang secara otomatis tersimpan di factory reset. 

"Kalau cuma dihapus sudah di-backup itu kan gampang, memang ponselnya sendiri bisa, tapi ada software khusus,” kata Ibnu saat dihubungi republika.co.id, Selasa (29/12).

Ibnu mengungkapkan ada beberapa software yang bisa dipakai, seperti deep recovery tools atau dumpster. Semuanya bisa dipakau untuk memulihkan data yang sudah dihapus atau yang ada di dalam factory reset.

Kemudian, Ibnu menjelaskan, untuk perangkat iOS, seperti iPhone, pemulihan data akan cukup sulit dilakukan. Pasalnya, pemulihan data harus dilakukan dengan memasukkan iCloud.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement