Jumat 13 Nov 2020 08:27 WIB

Penjualan Chromebook dan Tablet Melonjak

Chromebook dan tablet dilepas mencerminkan segmen PC dan komputer yang terjangkau.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Asus Chromebook Flip
Foto: Techradar
Asus Chromebook Flip

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tahun 2020 telah menjadi waktu di mana banyak orang harus menyesuaikan diri dengan kondisi new normal. Dilansir dari GSMArena, Jumat (13/11), standar baru ini diterjemahkan ke anak-anak yang mendapatkan Chromebook dan Ipad, sehingga mereka dapat terus bersekolah.

Orang dewasa membutuhkan peralatan yang dapat membuat mereka bekerja dari rumah. Sebuah laporan baru dari Canalys menunjukkan seberapa besar lanskap pasar PC  telah berubah tahun ini.

Baca Juga

Chromebook mengalami pertumbuhan penjualan terbesar tahun ini. Chromebook terjual sekitar 9,4 juta unit di kuartal ketiga dengan pertumbuhan 122 persen dibandingkan dengan kuartal ketiga tahun 2019. Detachable atau notebook dengan keyboard yang dapat dilepas, juga mengalami pertumbuhan 88 persen.

Sementara itu, komputer desktop mengalami penurunan penjualan YoY, dengan penurunan -27 persen di workstation desktop dan penurunan towers/desktop kecil sebesar -33 persen. Canalys menuliskan Chromebook dan perangkat yang dapat dilepas mencerminkan segmen PC dan komputer yang terjangkau.

Lenovo memiliki 18,9 persen pangsa pasar dengan 23,4 juta unit, naik 11,6 persen dibandingkan tahun lalu. Apple memiliki sekitar 22 juta pengiriman dengan pertumbuhan 49,9 persen YoY.

Samsung melihat pertumbuhan paling tajam dalam grafik ini dengan sekitar 10 juta unit yang dikirim, dengan pertumbuhan 86 persen. Pasar keseluruhan tumbuh sebesar 22,7 persen dengan total pengiriman 124,4 juta perangkat komputasi bergerak dan tidak bergerak pada kuartal ini.

Apple, Samsung dan Huawei masing-masing menempati tiga tempat teratas terkait tablet. Amazon dan Lenovo menempati posisi keempat dan kelima. Samsung menjual sekitar jutaan tablet kuartal ini, tetapi Apple berada lebih tinggi di sekitar angka 15,2 juta unit.

Setiap salah satu dari lima penjual tablet teratas mengalami pertumbuhan di Q3 YoY. Pasar tablet secara keseluruhan mengalami pertumbuhan 43,3 persen dengan total sekitar 44,3 juta tablet dikirim pada kuartal ini.

Chromebook mengalami banyak pertumbuhan juga, dengan HP yang paling menjual yakni 3,2 juta unit. Lenovo melihat pertumbuhan tertinggi pada 321,2 persen, mengirimkan sekitar 1,8 juta unit dibandingkan dengan hanya sekitar 397.000 tahun lalu pada kuartal yang sama.

Setiap jenama melihat pertumbuhan dalam penjualan Chromebook pada kuartal ini. Analis Canalys, Ishan Dutt mengatakan Chromebook muncul sebagai pusat respon digital segmen pendidikan terhadap pandemi Covid-19.

"Selain itu, Chromebook telah memainkan peran penting dalam memenuhi kebutuhan konsumen dan UKM untuk mendapatkan perangkat komputasi dasar. Meskipun produksi dan distribusi meningkat, lonjakan permintaan yang besar menyebabkan pesanan tidak terpenuhi dan Canalys memperkirakan volume pengiriman yang tinggi akan terus berlanjut hingga awal 2021,” ujar Ishan Dutt.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement