Selasa 06 Nov 2012 03:31 WIB

Tablet Android Makin Berkilau di Kuartal III

Motorola Xoom 2
Motorola Xoom 2

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Pasar perangkat tablet bersistem operasi Android tumbuh melampaui iPad Apple pada kuartal ketiga 2012, demikian hasil riset International Data Corporation (IDC).

"Pengapalan tablet Android, dipimpin Samsung dan Amazon melonjak pada kuartal ketiga melampaui Apple yang mengalami penurunan pangsa pasar pada kuartal itu," kata Direktur Penelitian Riset Tablet IDC, Tom Mainelli, dalam situs resmi perusahaan riset pasar itu.

Mainelli mengatakan penurunan pasar Apple terjadi di segmen konsumen personal dan komersial (termasuk sektor pendidikan). Penurunan itu disebabkan rumor tentang kehadiran iPad mini yang diluncurkan pada akhir Oktober.

"Kami percaya persentase cukup besar tentang ketertarikan konsumen untuk membeli tablet iPad terjadi pada kuartal ketiga dalam antisipasi pengumuman tentang iPad mini," kata Mainelli.

Mainelli menambahkan iPad mini yang dibanderol mulai 329 dolar AS memberi ruang bagi perangkat Android untuk melanjutkan kesuksesan setelah kuartal ketiga.

Manajer Program Mobile Device Trackers IDC, Ryan Reith, mengatakan kehadiran kompetitor semakin menguatkan tekanan pada pasar tablet yang dipimpin Apple.

"Konsumen tablet semakin memiliki berbagai pilihan perangkat dengan kehadiran tablet Windows 8 dan Windows RT. Bagaimanapun harga merupakan aspek penting dalam (pasar) tablet," kata Reith.

Pengapalan tablet Apple ke seluruh dunia pada kuartal ketiga mencapai 14 juta unit atau tumbuh 26,1 persen dari periode yang sama 2011. Pada kuartal ketiga tahun ini, pangsa pasar iPad mencapai 50,4 persen.

Di urutan kedua, tablet Samsung mempunyai pangsa pasar 18,4 persen pada kuartal ketiga dengan jumlah unit yang dikapalkan 5,1 juta unit.

Selanjutnya, tablet Amazon meraih pangsa pasar 9 persen dengan pengapalan produk mencapai 2,5 juta unit.

IDC mencatat pengapalan perangkat tablet global pada kuartal ketiga 2012 tumbuh 49,5 persen dibanding periode yang sama 2011 dan 6,7 persen dibanding kuartal kedua 2012.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement