Rabu 09 Sep 2020 11:39 WIB

Fitur-Fitur Baru di Android 11

Android 11 diluncurkan 8 September.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Android
Android

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Google meluncurkan Android 11 ke publik setelah berbulan-bulan melakukan pengujian beta dan memperbarui sistem operasi seluler. Lalu apa saja yang baru dari Android 11?

New Power Menu dengan smart home controls. Dengan Android 11, antarmuka yang muncul saat pengguna menekan lama tombol daya/tombol tidur di samping jauh lebih berguna.

Baca Juga

Ini tidak hanya menunjukkan opsi daya, restart dan kontak darurat yang biasa, tetapi juga akses mudah ke GPay dan smart home controls pada pengguna. Dengan pembaruan ini pengguna dengan cepat mengaktifkan atau menonaktifkan produk smart home atau menekan lama widget mereka untuk menyesuaikannya secara lebih  terperinci

New Media playback widget. Aplikasi apa pun yang memutar media di perangkat pengguna akan membuat widget di menu drop down pengaturan cepat, lengkap dengan latar belakang warna yang cocok dengan album.

Tim Android telah mengujinya dengan Tidal, tetapi ini akan bekerja dengan hampir semua aplikasi media. Sebagai bonus kecil, ketika pengguna tap tombol putar atau jeda, pengguna mendapatkan animasi riak yang bagus.

Selain itu, ada cara yang lebih mudah untuk mengganti keluaran media sehingga pengguna dapat mengubahnya untuk diputar di perangkat, headphone, mentransmisikannya ke TV atau streamer audio.

Picture-in picture window yang dapat diubah ukurannya. Setiap kali menutup aplikasi video seperti YouTube atau Netflix di Android, secara otomatis menempatkan video itu, secara otomatis menempatkan video itu di jendela kecil mengambang di atas yang lainnya dan terus memutar video. Di pratinjau pengembang Android 11, Google menambahkan opsi untuk mengubah ukuran picture-in picture window.

Rekaman layar. Dilansir dari Pocket Lint, Rabu (9/9), salah satu fitur baru yang keren yang sudah dilakukan beberapa ponsel Android lainnya adalah perekaman layar yang mudah. Setelah pengguna tap pilihan the screen recording quick setting tile, ada jendela pop-up meminta konfirmasi apakah pengguna ingin merekam audio melalui mikrofon pengguna atau jika pengguna ingin merekam audio perangkat secara langsung.

Setelah dikonfirmasi, rekaman layar akan merekam apa pun yang pengguna lakukan di ponsel sebelum mereka memutuskan berhenti dan menyimpan rekaman. Pengguna juga bisa membatalkan perekaman kapan saja.

Notofikasi Pesan dan percakapan prioritas. Saat pengguna menerima pesan melalui aplikasi pesan biasa, mereka dapat membuat pemberitahuan dalam gelembung muncul mengambang di layar mirip dengan cara kerja Facebook Messanger’s Chat Heads. Cara memunculkannya adalah cukup tekan lama pemberitahuan pesan dan tap Show in a bubble.

Selain itu, ketika pengguna mendapatkan pesan dari kontak yang sering diajak mengobrol , mereka bisa menekan lama notifikasi dan menandai percakapan tersebut sebagai prioritas. Pengguna akan mendapatkan pemberitahuan mereka bahkan saat ponsel dalam keadaan Do Not Distrub.

Android 11 membagi dan mengurutkan pemberitahuan ke dalam grup yang relevan sehingga percakapan muncul di atas, di bagiannya sendiri yang mudah dibaca, membuatnya lebih mudah untuk membalas dengan cepat dan melanjutkan tugas pengguna. Memisahkan mereka dari hal-hal lain yang mungkin tidak terlalu pengguna pedulikan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement