Rabu 09 Sep 2020 11:04 WIB

Fitur Menonjol di Android 11

Yang baru di android 11 adalah message bubbles dan percakapan prioritas.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Android
Foto: AP
Android

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Google meluncurkan Android 11 ke publik setelah berbulan-bulan melakukan pengujian beta dan memperbarui sistem operasi seluler. Google tanpa disadari mengungkapkan pembaruan perangkat lunak utama untuk smartphone tiba pada 8 September 2020.

Pembaruan perangkat lunak tersedia untuk pemilik perangkat Google Pixel (Pixel 2 dan yang lebih baru) serta perangkat dari OnePLus 8, Xiaomi Mi 10 dan Mi 10 Pro, Oppo Find X2 dan Find X2 Pro dan Realme X50 Pro. Ada dugaan mungkin perlu beberapa saat bagi pengguna unguk mendapatkan Android 11, jika tidak memiliki salah satu perangkat yang tercantum di atas atau jika perangkat sudah dari setahun.

Baca Juga

Cara memeriksa

Dilansir dari Pocket Lint, Rabu (9/9) cara memeriksa pembaruan tersedia untuk ponsel, pengguna bisa membuka Setting. Di dekat bagian bawah, tap system kemudian pilih advance. Setelah itu pengguna bisa tap System update. Lihat Android version dan Security oatch level.

Saat pengguna mendapatkan notifikasi tentang pembaruan, ketuk tindakan pembaruan atau buka aplikasi Setting. Di dekat bagian bawah, tap System kemudian pilih Advanced, lalu System update. Pengguna bisa melihat status pembaruan.

Ikuti langkah yang ada di layar. Google juga memiliki halaman FAQ di sini dengan detail lebih lanjut tentang cara memperbarui perangkat Android.

Yang baru di android 11 adalah message bubbles dan percakapan prioritas. Saat pengguna menerima pesan melalui aplikasi pesan biasa, pengguna bisa menerima pemberitahuan dalam gelembung muncul mengambang di layar mirip dengan cara kerja Facebook Messanger’s Chat Heads. Cara memunculkannya adalah cukup tekan lama pemberitahuan pesan dan tap Show in a bubble.

Selain itu, ketika pengguna mendapatkan pesan dari kontak yang sering diajak mengobrol, mereka bisa menekan lama notifikasi dan menandai percakapan tersebut sebagai prioritas. Itu berarti pengguna akan mendapatkan pemberitahuan mereka bahkan saat ponsel dalam keadaan Do Not Distrub.

Menariknya, Android 11 membagi dan mengurutkan pemberitahuan ke dalam grup yang relevan sehingga percakapan muncul di atas, di bagiannya sendiri yang mudah dibaca. Ini membuatnya lebih mudah untuk membalas dengan cepat dan melanjutkan tugas pengguna.

Yang terakhir adalah untuk aplikasi yang mendapatkan banyak peringatan yang tidak perlu dilihat atau didengar sepanjang waktu. Jadi media sosial dan email cocok dengan ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement