Kamis 14 May 2020 08:47 WIB

Cara Mentransfer Pustaka Lagu Google Play ke Youtube Music

Google Play Music akan ditutup akhir tahun ini.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Mendengarkan musik (Ilustrasi)
Foto: Needpix
Mendengarkan musik (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Google Play Music akan ditutup akhir tahun ini. Agak mengejutkan kedua platform musik Google, Google Play Music dan YouTube Music dikonsolidasikan ke dalam satu layanan pada akhir tahun.

Google, pada Selasa (12/5), mengumumkan salah satu langkah terakhir dalam proses yang memungkinkan pelanggan untuk pindah ke YouTube dengan mulus. Dilansir dari BGR, berikut adalah langkah-langkah yang perlu diambil jika pengguna ingin mentransfer perpustakaan musik pengguna dengan perangkat iPhone atau Android. Yang harus dilakukan adalah  mengunduh aplikasi YouTube Music (iOS/Android).

Baca Juga

Buka aplikasi dan temukan banner di layar beranda yang bertuliskan “Transfer your Play Music library”. Pengguna  juga akan melihat opsi di Pengaturan yang mengatakan “Transfer from Google Play Music”.

Kedua hal tersebut akan memulai proses, tetapi jika pengguna tidak dapat menemukannya, berarti Anda belum menerima undangan.

Setelah menekan tombil “Let’s Go” di aplikasi, Google Play Music akan menunjukkan pada Anda segala sesuatu yang akan ditransfer ke YouTube Music, termasuk unggahan, pembelian, tambahan lagu dan album, daftar putar pribadi dan berlangganan, konten yang disukai dan tidak disukai, stasiun yang dikurasi, dan preferensi selera pribadi.

Tekan tombol “Transfer” dan proses akan dimulai. Ini bisa memakan waktu mulai dari beberapa menit hingga beberapa hari. Namun, Google akan mengirimi pengguna email dan pemberitahuan ketika transfer selesai. Proses transfer bisa dilakukan dari browser web.

Selain memandu pengguna Google Play Music melalui proses transfer, Google juga telah merinci banyak fitur baru yang akan mereka miliki aksesnya begitu pindah ke YouTube Music. Seperti panjang daftar putar meningkat dari 1.000 lagu menjadi 5.000, kemampuan untuk mengunggah hingga 100 ribu lagu alih-alih 50 ribu lagu, mendengarkan offline, lirik real time dan tab explore untuk meningkatkan penemuan musik.

Untuk harga, pelanggan Google Play Music akan secara otomatis diberikan tingkat yang setara dengan harga dan manfaat yang sama di YouTube Music.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement